Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP6



EKONOMI X RPP 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1

Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen.

Kompetensi Dasar     : 2.1 Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.

Indikator                    : 1. Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
2. Membuat kesimpulan tentang hukum Gossen.
3. Mendeskripsikan teori perilaku konsumen.
4. Menerapkan pola hidup hemat dan bersahaja dalam perilaku konsumen.
5. Membuat kesimpulan dari tabel dan grafik persamaan produksi.
6. Mendeskripsikan teori produksi.
7. Mengidentifikasi perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.

Alokasi Waktu           : 3 x 45 menit


A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
b)      Siswa dapat membuat kesimpulan tentang hukum Gossen.
c)      Siswa dapat mendeskripsikan teori perilaku konsumen.
d)     Siswa dapat hidup hemat dan bersahaja.
e)      Siswa dapat membuat kesimpulan dari tabel dan grafik persamaan produksi.
f)       Siswa dapat mendeskripsikan teori produksi.
g)      Siswa dapat mengidentifikasi perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.

B. Materi Pokok
            Perilaku konsumen dan produsen

C. Uraian Materi
a)      Manfaat dan nilai suatu barang
b)      Hukum Gossen I dan II
c)      Teori perilaku konsumen
d)     Pola hidup hemat dan bersahaja
e)      Persamaan produksi
f)       Teori produksi
g)      Perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.
D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi-materi yang lalu tentang kebutuhan, kelangkaan dan sistem ekonomi. Kemudian guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang hal-hal penting yang berkaitan dengan perilaku konsumen dan produsen sebelum siswa melihat tayangan yang berhubungan dengan perilaku konsumen dan produsen.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai perilaku konsumen dan produsen sangat penting karena dapat diterapkan pada kehidupan ekonomi siswa sehari-hari dan dapat mempermudah pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian konsumsi, membuat kesimpulan tentang hukum Gossen, dan mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang perilaku konsumen dengan pendekatan kardinal.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang perilaku konsumen dengan pendekatan ordinal.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian produksi, persamaan produksi, faktor produksi, dan mengidentifikasi kegiatan produksi yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk mendeskripsikan produksi total, produksi marjinal dan produksi rata-rata.
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk mendeskripsikan hukum produk marjinal yang semakin menurun.
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.


G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: