Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP11



EKONOMI X RPP 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1

Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.

Kompetensi Dasar     : 3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan.
Indikator                    : 1. Menerapkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta    menggambarkan kurvanya.
2. Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan jumlah  keseimbangan serta menggambarkan kurvanya.
3. Mendeskripsikan elastisitas dan jenis-jenisnya.

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menerapkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta    menggambarkan grafiknya.
b)      Siswa dapat mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan jumlah  keseimbangan serta menggambarkan kurvanya.
c)      Siswa dapat mendeskripsikan elastisitas dan jenis-jenisnya.

B. Materi Pokok
            Harga keseimbangan

C. Uraian Materi
a)      Fungsi permintaan
b)      Fungsi penawaran
c)      Kurva permintaan
d)     Kurva penawaran
e)      Harga dan jumlah keseimbangan
f)       Elastisitas permintaan dan penawaran

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan transaksi jual beli di suatu pasar. Kemudian guru memberi pengarahan agar siswa mencatat hal-hal yang berkaitan dengan kompetensi dasar.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai harga dan jumlah keseimbangan akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menerapkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta    menggambarkan grafiknya.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan jumlah  keseimbangan serta menggambarkan grafiknya.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: