EKONOMI X RPP 17
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
Kompetensi Dasar : 5.2 Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional.
Indikator : Mengidentifikasi manfaat dan melakukan perhitungan pendapatan nasional.
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi manfaat dan melakukan perhitungan pendapatan nasional.
B. Materi Pokok
Perhitungan pendapatan nasional
C. Uraian Materi
a) Manfaat perhitungan pendapatan nasional
b) Menghitung pendapatan nasional
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang konsep pendapatan nasional. Kemudian guru menjelaskan cara-cara perhitungan pendapatan nasional.
b. Motivasi
Perhitungan pendapatan nasional sangat penting mengingat pendapatan nasional adalah salah satu indikator kesejahteraan suatu negara.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………...
No comments:
Post a Comment