Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP22


 
EKONOMI X RPP 22

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan

Kompetensi Dasar     : 7.1 Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang

Indikator                    : 1. Mendeskripsikan pengertian uang
  2. Mengidentifikasi fungsi uang
  3. Mendeskripsikan permintaan uang
  4. Mendeskripsikan penawaran uang

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit



A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian uang
b)      Siswa dapat mendeskripsikan fungsi uang
c)      Siswa dapat mendeskripsikan permintaan uang
d)     Siswa dapat mendeskripsikan penawaran uang

B. Materi Pokok
            Permintaan dan penawaran uang

C. Uraian Materi
a)      Pengertian uang
b)      Fungsi uang
c)      Permintaan uang
d)     Penawaran uang

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
            Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan indikator pencapaian kompetensi dasar. Kemudian guru mempersilahkan siswa untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan uang.
b. Motivasi
            Uang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan memiliki fungsi yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian uang.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan fungsi uang.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan permintaan uang.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan penawaran uang.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...


No comments: