BIOLOGI XII RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 1, 2, dan 3
Alokasi Waktu : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar : 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Tujuan : 1. Siswa mampu memahami konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya
2. Siswa mampu menyusun rencana penelitian pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan
======================================================================
I. Indikator
· Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
· Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
· Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan
· Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis
· Menyusun unit-unit penelitian
· Membuat tabel pengamatan
· Menyusun rencana penelitian tertulis
II. Materi Ajar
· Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
· Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
1. faktor internal
2. faktor eksternal
· Menyusun rencana penelitian
III. Metode Pembelajaran
Pengamatan – Diskusi – Penugasan – Presentasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi adanya gejala pertumbuhan terutama pada tumbuhan.
· Siswa bersama guru merumuskan pengertian pertumbuhan.
B. Kegiatan inti (60 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan bakal buah.
· Siswa bersama guru mendiskusikan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan.
· Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
· Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa faktor dalam (internal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
C. Kegiatan akhir (20 menit)
· Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya untuk mengambil kesimpulan.
· Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan eksperimen dengan Kegiatan 1.1. Pertumbuhan dan perkembangan pada buku halaman 16 di rumah.
Pertemuan 2 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
· Guru menanyakan hasil penugasan dari Kegiatan 1.1.
· Siswa bersama guru mendiskusikan penerapan metode ilmiah dengan menggunakan Kegiatan 1.1.
B. Kegiatan inti (60 menit)
· Guru membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok.
· Guru menugaskan siswa dalam kelompok untuk membuat rencana penelitian untuk menguji adanya pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan dengan menggunakan Proyek di buku halaman. 23.
· Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk penyusunan rencana penelitian.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru mengecek hasil masing-masing kelompok apabila belum selesai dapat diselesaikan di luar jam pelajaran.
· Guru menugaskan siswa untuk mempersiapkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Siswa dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
· Guru mengatur urutan kelompok untuk presentasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Masing-masing kelompok secara bergantian melakukan presentasi.
· Siswa yang tidak presentasi memberikan tanggapan, saran, dan usulan.
· Guru memberikan penilaian dan saran untuk perbaikan rencana penelitian setelah satu kelompok tampil presentasi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan rencana penelitian yang sudah disepakati.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
· Alat bantu presentasi
VI. Penilaian
· Tugas kelompok penyusunan proposal
· Presentasi proposal penelitian
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment