Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Biologi SMA XII RPP 1



BIOLOGI XII RPP 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 1, 2,  dan 3
Alokasi Waktu            : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi      :     1.            Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar         : 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Tujuan                           :     1.            Siswa mampu memahami konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya
                                       2.   Siswa mampu menyusun rencana penelitian  pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan

 ======================================================================                                            

I.       Indikator
·         Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
·         Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
·         Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan
·         Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis
·         Menyusun unit-unit penelitian
·         Membuat tabel pengamatan
·         Menyusun rencana penelitian tertulis

II.                Materi Ajar
·   Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
·   Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
1.      faktor internal
2.      faktor eksternal
·   Menyusun rencana penelitian

III. Metode Pembelajaran
Pengamatan – Diskusi – Penugasan –  Presentasi

IV.              Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi adanya gejala pertumbuhan terutama pada tumbuhan.
·         Siswa bersama guru merumuskan pengertian pertumbuhan.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan bakal buah.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa faktor dalam (internal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.

C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya untuk mengambil kesimpulan.
·         Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan eksperimen dengan Kegiatan 1.1. Pertumbuhan dan perkembangan pada buku halaman 16 di rumah.

Pertemuan 2 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menanyakan hasil penugasan dari Kegiatan 1.1.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan penerapan metode ilmiah dengan menggunakan Kegiatan 1.1.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Guru membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok.
·         Guru menugaskan siswa dalam kelompok untuk membuat rencana penelitian untuk menguji adanya pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan dengan menggunakan Proyek di buku halaman. 23.
·         Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk penyusunan rencana penelitian.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru mengecek hasil masing-masing kelompok apabila belum selesai dapat diselesaikan di luar jam pelajaran.
·         Guru menugaskan siswa untuk mempersiapkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Siswa dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
·         Guru mengatur urutan kelompok untuk presentasi.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Masing-masing kelompok secara bergantian melakukan presentasi.
·         Siswa yang tidak presentasi memberikan tanggapan, saran, dan usulan.
·         Guru memberikan penilaian dan saran untuk perbaikan rencana penelitian setelah satu kelompok tampil presentasi.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan rencana penelitian yang sudah disepakati.

V.                 Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·    Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
·    Alat bantu presentasi

VI.              Penilaian
·    Tugas kelompok penyusunan proposal
·    Presentasi proposal penelitian
·    Uji kompetensi tertulis

No comments: