10 April 2011

Biologi SMA XI RPP 13



BIOLOGI XI RPP 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester         : XI (Sepuluh)/ II
Pertemuan                  : 17, 18
Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi  : 3.   Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar      :  3.8    Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
Tujuan                        :  Siswa dapat mendeskripsikan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupaantigen dan bibit penyakit 


I.    Indikator
·         Menjelaskan fungsi sistem imun tubuh
·         Mengidentifikasi sistem pertahanan tubuh secara alami
·         Membedakan respon imun non spesifik dan spesifik pada sistem imun tubuh.
·         Mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit

II.  Materi Ajar
·         Sistem kekebalan tubuh, meliputi:
1.      Kekebalan yang tidak spesifik
2.      Kekebalan spesifik
·         Vaksin
·         Antibiotik
·         Gangguan kekebalan tubuh

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi- Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 17 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·                  Dengan memberikan gejala bahwa di sekitar manusia banyak bibit penyakit tetapi tidak setiap saat manusia menderita sakit, siswa diminta mendeskripsikan penyebabnya.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
·            Siswa mendiskusikan arti penting sistem dan peranan sistem imun.
·            Dengan diberikan gambar sistem pertahanan tubuh siswa bersama guru berdiskusi mendeskripsikan berbagai sistem proses pertahanan tubuh secara alami.
·            Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan respon imun non spesifik dan spesifik.
C.     Kegiatan Akhir (10 menit)
·             Siswa bersama guru menyimpulkan fungsi sistem imun, sistem pertahanan tubuh secara alami dan respon imun.
·            Guru menugaskan mengumpulkan informasi tentang HIV dan AIDS untuk mendiskusikan Salingtemas.

Pertemuan 18 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·            Dengan memberikan contoh gejala sakit akibat infeksi, siswa diminta menghubungkan antara sistem imun dan penyakit yang diderita manusia.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·             Siswa bersama guru mendiskusikan upaya manusia untuk meningkatkan imunitas tubuhnya.
·             Siswa menndiskusikan Salingtemas AIDS dengan menggunakan berbagai informasi tentang HIV dan AIDS yang sudah dikumpulkan.
C.     Kegiatan Akhir (10 menit)
·            Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara HIV dan AIDS.
·            Siswa mengumpulkan hasil diskusi.

V.  Alat /Bahan/Sumber
·         Buku Biologi SMA XI, Dyah aryulina,  Esis, Bab XI
·         Berbagai informasi HIV dan AIDS dari berbagai sumber

VI. Penilaian
·         Makalah tentang HIV dan AIDS
·         Uji kompetensi tertulis

No comments: