10 April 2011

Biologi SMA XII RPP9



BIOLOGI XII RPP 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 18, 19, dan 20
Alokasi Waktu            : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi      :     3.            Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar         :     3.3          Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat

Tujuan                        : 1.   Siswa mampu membedakan dan menjelaskan proses pembelahan mitosis dan meiosis, serta keterkaitannya dengan pewarisan sifat
                                       2.   Siswa mampu menjelaskan proses gonetogenesis

 =======================================================================                                            

I.       Indikator
·        Menggambar siklus sel
·        Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis berdasarkan foto sel yang sedang membelah
·        Mengamati pembelahan sel
·        Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis
·        Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan meiosis

I.       Materi Ajar
·         Siklus sel
·         Mitosis
·         Meiosis
·         Gemetogenesis

III. Metode pembelajaran
Pengamatan-Diskusi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 18 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru mengingatkan kembali adanya gejala pertumbuhan.
·         Guru menayakan kepada siswa hubungan antara pertumbuhan dan pembelahan sel.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan pembelahan amitosis, mitosis, dan meiosis dilihat dari aspek proses dan hasilnya.
·         Siswa mendiskusikan proses dan contoh pembelahan amitosis.
·         Dengan menggunakan Gambar 4.3, siswa bersama guru mendiskusikan sikuls sel (tahap G1, S, G2, dan fase mitotik).
·         Dengan menggunakan Gambar 4.4, siswa bersama guru mendiskusikan profase, metafase, anafase, dan telofase pada pembelahan mitosis.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian pembelahan sel, siklus sel, dan fase-fase pembelahan mitosis.

Pertemuan 19 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali tahap-tahap pada pembelahan mitosis.
·         Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan pembelahan sel dengan Kegiatan 4.1 (apabila tidak memungkinkan pengamatan dapat dilakukan dengan pengmatan preparat awetan atau foto mikroskopis).

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
·         Siswa melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop.
·         Siswa menentukan fase pembelahan sel pada sel-sel yang teramati.
·         Siswa menggambar hasil pengamatan.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan hasil pengamatan dengan menjawab pertanyaan diskusi dari Kegiatan 4.1.
·         Siswa mengumpulkan hasil kegiatan.

Pertemuan 20 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menanyakan perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis dilihat dari proses dan hasilnya.
·         Guru menjelaskan adanya perbedaan yang mendasar antara tahap metafase mitosis dengan metafase meiosis I dan anafase mitosis dan anafase meiosis I.
·         Guru menjelaskan bahwa pada meiosis I proses pembelahannya sama dengan mitosis.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Guru menugaskan kepada siswa untuk menjelaskan tahap-tahap pembelahan meiosis jika diketahui jumlah kromosomnya.
·         Siswa mengidentifikasi hasil dari pembelahan meiosis dilihat dari jumlah sel anakan dan sifat kromosomnya.
·         Guru menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis yang terjadi pada pembentukan gamet (gametogenesis pada hewan).
·         Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis pada gametogenesis tumbuhan.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan tahap-tahap meiosis.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan proses gametogenesis dan hasilnya.

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis     
·         Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI.  Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis

No comments: