BIOLOGI XII RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 18, 19, dan 20
Alokasi Waktu : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar : 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
Tujuan : 1. Siswa mampu membedakan dan menjelaskan proses pembelahan mitosis dan meiosis, serta keterkaitannya dengan pewarisan sifat
2. Siswa mampu menjelaskan proses gonetogenesis
=======================================================================
I. Indikator
· Menggambar siklus sel
· Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis berdasarkan foto sel yang sedang membelah
· Mengamati pembelahan sel
· Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis
· Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan meiosis
I. Materi Ajar
· Siklus sel
· Mitosis
· Meiosis
· Gemetogenesis
III. Metode pembelajaran
Pengamatan-Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 18 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru mengingatkan kembali adanya gejala pertumbuhan.
· Guru menayakan kepada siswa hubungan antara pertumbuhan dan pembelahan sel.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan pembelahan amitosis, mitosis, dan meiosis dilihat dari aspek proses dan hasilnya.
· Siswa mendiskusikan proses dan contoh pembelahan amitosis.
· Dengan menggunakan Gambar 4.3, siswa bersama guru mendiskusikan sikuls sel (tahap G1, S, G2, dan fase mitotik).
· Dengan menggunakan Gambar 4.4, siswa bersama guru mendiskusikan profase, metafase, anafase, dan telofase pada pembelahan mitosis.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian pembelahan sel, siklus sel, dan fase-fase pembelahan mitosis.
Pertemuan 19 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali tahap-tahap pada pembelahan mitosis.
· Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan pembelahan sel dengan Kegiatan 4.1 (apabila tidak memungkinkan pengamatan dapat dilakukan dengan pengmatan preparat awetan atau foto mikroskopis).
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
· Siswa melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop.
· Siswa menentukan fase pembelahan sel pada sel-sel yang teramati.
· Siswa menggambar hasil pengamatan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa menyimpulkan hasil pengamatan dengan menjawab pertanyaan diskusi dari Kegiatan 4.1.
· Siswa mengumpulkan hasil kegiatan.
Pertemuan 20 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
· Guru menanyakan perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis dilihat dari proses dan hasilnya.
· Guru menjelaskan adanya perbedaan yang mendasar antara tahap metafase mitosis dengan metafase meiosis I dan anafase mitosis dan anafase meiosis I.
· Guru menjelaskan bahwa pada meiosis I proses pembelahannya sama dengan mitosis.
B. Kegiatan inti (60 menit)
· Guru menugaskan kepada siswa untuk menjelaskan tahap-tahap pembelahan meiosis jika diketahui jumlah kromosomnya.
· Siswa mengidentifikasi hasil dari pembelahan meiosis dilihat dari jumlah sel anakan dan sifat kromosomnya.
· Guru menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat.
· Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis yang terjadi pada pembentukan gamet (gametogenesis pada hewan).
· Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis pada gametogenesis tumbuhan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan tahap-tahap meiosis.
· Siswa bersama guru menyimpulkan proses gametogenesis dan hasilnya.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment