Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Biologi SMA XI RPP 9



BIOLOGI XI RPP 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester         : XI (Sebelas)/ 2
Pertemuan                  : 4, 5, dan 6
Alokasi Waktu            : 5 jam pelajaran
Standar Kompetensi      :     3.            Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia  dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar     :  3.4    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi,  dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)
Tujuan                        :  Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kalainan/penyakit yang terjadi pada sistem pernapasan

                                                     
I.                   Indikator
·         Mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia
·         Menjelaskan proses  pernapasan yang terjadi pada  manusia
·         Membandingkan volume dan kapasitas paru-paru
·         Menjelaskan proses pertukaran gas  
·         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang gangguan/penyakit yang terdapat dalam sistem pernapasan manusia
·         Mengamati sistem pernapasan pada  hewan vertebrata
·         Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pernapasan pada hewan vertebrata.

II.                Materi Ajar
·         Organ-organ dan fungsinya  pada sistem pernapasan manusia meliputi:
1.   Hidung
2.   Saluran pernapasan
3.   Paru-paru
·         Mekanisme  pernapasan yang terjadi dalam sistem pernapasan  manusia
·         Volume-volume udara yang dipernapaskan
·         Mekanisme pertukaran gas pada sistem pernapasan manusia
·         Sistem pernapasan  pada hewan vertebrata
·         Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pernapasan  manusia.

III. Metode Pembelajaran
·         Studi membaca - Pengamatan -Diskusi - Penugasan

IV.  Langkah -Langkah Pembelajaran

Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta seorang siswa memperagakan kegiatan bernapas kemudian mendeskripsikan pengertian bernapas.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Dengan memberikan gambar sistem pernapasan manusia, siswa diminta mengidentifikasi organ-organ pada sistem pernapasan manusia dan fungsinya.
·         Guru meminta siswa memperagakan pernapasan dengan menggunakan dada, kemudian mendeskripsikan mekanisme pernapasan dada.
·         Guru meminta siswa lain memperagakan pernafasan perut kemudian mendeskripsikan mekanisme pernapasan perut.
·         Guru meminta siswa mengenali berbagai volume pernapasan dan kapasitas paru-paru, kemudian memintanya memperagakannya.
·         Guru memperagakan  mengukur kapasitas paru-paru dengan Kegiatan 7.1.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pertanyaan untuk diskusi.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia, mekanisme pernapasan dada dan perut, dan volume/kapasitas paru-paru.

Pertemuan  5 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali proses pernapasan kepada siswa
·         Guru menanyakan penyebab dihasilkannnya CO2 padahal yang masuk O2
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa mempelajari mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida dari baku.
·         Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan proses pertukaran gas.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai penyakit/gangguan pada sistem pernapasan manusia.
C.   Kegiatan akhir
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida dan beberapa gangguan/penyakit pada sistem pernapasan manusia.

Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 7.4.
·         Siswa mempersiapkan alat dan bahan praktikum.
B.   Kegiatan inti (35 menit)
·         Siswa membedah ikan untuk mendapatkan insangnya.
·         Siswa melakukan pengamatan insang, kemudian menggambarnya.
·         Siswa melakukan pembedahan kecoa untuk mendapatkan trakea kemudian menggambarnya.
·         Siswa membuat laporan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
·         Guru meminta siswa membuat tabel perbandingan sistem pernapasan pada hewan.
 C.  Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan sistem pernapasan pada hewan.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

V.     Alat /Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi , jilid XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab VII
·         Ikan dan kecoa

VI.              Penilaian
·    Laporan hasil pengamatan sistem perapasan hewan
            ·    Uji kompetensi tertulis

No comments: