Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP13



EKONOMI X RPP 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1

Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.

Kompetensi Dasar     : 3.5 Mendeskripsikan pasar input (pasar faktor produksi).

Indikator                    : 1. Mengidentifikasi pentingnya analisis harga faktor produksi
2. Mendeskripsikan teori produktivitas marjinal
3. Menjelaskan TPP, MPP, dan MRP
4. Mendeskripsikan tinggi rendahnya sewa tanah
5. Mendeskripsikan tinggi rendahnya upah pekerja
6. Mendeskripsikan tinggi rendahnya bunga modal
7. Mendeskripsikan laba pengusaha
Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mengidentifikasi pentingnya analisis harga faktor produksi.
b)      Siswa dapat mendeskripsikan teori produktivitas marjinal.
c)      Siswa dapat menjelaskan TPP, MPP, dan MRP.
d)     Siswa dapat mendeskripsikan tinggi rendahnya sewa tanah.
e)      Siswa dapat mendeskripsikan tinggi rendahnya upah pekerja.
f)       Siswa dapat mendeskripsikan tinggi rendahnya bunga modal.
g)      Siswa dapat mendeskripsikan laba pengusaha.

B. Materi Pokok
            Pasar input

C. Uraian Materi
a)      Analisis harga faktor produksi
b)      TPP, MPP, dan MRP
c)      Sewa tanah
d)     Upah pekerja
e)      Bunga modal
f)       Laba pengusaha

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang pasar barang. Kemudian guru memberikan penjelasan tentang pasar input dan menguraikan perbedaan pasar input dengan pasar barang.
b. Motivasi
            Siswa dapat mengetahui pentingnya pasar input dan membedakan pasar input dengan pasar barang.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pentingnya analisis harga faktor produksi.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan TPP, MPP, dan MRP.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan tinggi rendahnya sewa tanah.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan tinggi rendahnya upah pekerja.
f.  Kelompok kelima diberi tugas untuk mendeskripsikan tinggi rendahnya bunga modal.
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk mendeskripsikan laba pengusaha.
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol
Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: