EKONOMI XI SILABUS 1
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi.
Alokasi Waktu : 20 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat |
1.1 Mengklasifikasi ketenagakerjaan 1.2 Mendeskripsikan tujuan pembangunan ekonomi 1.3 Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi 1.4 Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional | · Hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja · Pengangguran · Cara-cara mengatasi pengangguran · Usaha peningkatan mutu tenaga kerja · Sistem upah yang berlaku di Indonesia · Pengertian pembangunan ekonomi · Pengertian dan tujuan pembangunan nasional · Pola dan tahapan pembangunan nasional · Keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia · Arti pertumbuhan ekonomi · Teori pertumbuhan ekonomi · Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi ·Dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional | · Mencari informasi tentang pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja. · Mendiskusikan hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja. · Mendiskusikan masalah pengangguran dan cara-cara mengatasinya. · Mendiskusikan usaha peningkatan mutu tenaga kerja dan sistem upah yang berlaku di Indonesia. · Mencari informasi tentang pengertian pembangunan ekonomi. · Mencari informasi tentang pengertian dan tujuan pembangunan nasional. · Mencari informasi tentang pola dan tahapan pembangunan nasional. · Mendiskusikan keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia. · Mengumpulkan informasi tentang pengertian dan teori pertumbuhan ekonomi. · Mendiskusikan faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi. · Mendikusikan dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional. | Menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja. · Menjelaskan penyebab pengangguran. · Menjelaskan cara mengatasi masalah pengangguran di Indonesia. · Menjelaskan cara meningkatkan kualitas tenaga kerja. · Menjelaskan sistem pengupahan dan penggajian yang berlaku di Indonesia. · Menjelaskan pengertian pembangunan ekonomi. · Menilai kondisi perekonomian Indonesia dan menjelaskan tujuan pembangunan ekonomi di Indonesia. · Mengidentifikasi permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia. · Mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia. · Mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi. · Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi. · Menjelaskan dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional. | Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui Uji Penguasaan Materi, tugas individu dan kelompok (diskusi). Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap | 8 x 45 menit 4 x 45 menit 4 x 45 menit 4 x 45 menit | Buku Ekonomi Esis dan sumber lain yang relevan |
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami APBNdan APBD
Alokasi Waktu : 14 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat |
2.1 Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD 2.2 Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah 2.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal 2.4 Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah | · Pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD · Pendapatan negara dan hibah dalam APBN/APBD · Pengertian,tujuan, macam-macam kebijakan fiskal · Pengeluaran negara dalam APBN/APBD | · Mencari informasi tentang pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD. · Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan hibah dalam APBN/APBD. · Mengkaji referensi untuk menjelaskan macam-macam kebijakan fiskal yang berlaku di Indonesia. · Mengkaji referensi tentang pengeluaran negara dalam APBN/APBD | · Menjelaskan pengaruh dan pentingnya anggaran bagi pemerintah pusat dan daerah. · Mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan hibah dalam APBN/APBD. · Menjelaskan macam-macam kebijakan fiskal yang berlaku di Indonesia. · Mengidentifikasi pengeluaran negara dalam APBN/APBD | Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi). Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap | 2 x 45 menit 4 x 45 menit 6 x 45 menit 2 x 45 menit | Buku Ekonomi Esis dan sumber lain yang relevan |
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 3. Mengenal pasar modal
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat |
3.1 Mengenal jenis produk dalam bursa efek 3.2 Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek | · Pengertian dan fungsi pasar modal · Faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan pasar modal · Pasar Modal di Indonesia · Investasi pada sekuritas | · Mengkaji referensi tentang pasar modal · Mensimulasi mekanisme transaksi Bursa Efek Jakarta. · Mengkaji referensi tentang investasi pada sekuritas | · Menjelaskan pengertian dan fungsi pasar modal. · Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan pasar modal. · Mendeskripsikan mekanisme transaksi Bursa Efek Jakarta. · Menjelaskan pengertian sekuritas serta membedakan saham dan obligasi. · Menjelaskan proses investasi pada sekuritas. | Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi). Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap | 4 x 45 menit 6 x 45 menit | Buku Ekonomi Esis dan sumber lain yang relevan |
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 4. Memahami perekonomian terbuka
Alokasi Waktu : 16 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat |
4.1 Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional 4.2 Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing dan neraca pembayaran 4.3 Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping | · Faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional · Manfaat perdagangan internasional · Teori-teori perdagangan internasional · Dampak perdagangan internasional terhadap produktivitas dan konsumsi · Devisa · Kurs · Pembayaran internasional · Pengertian kebijakan perdagangan internasional · Jenis-jenis kebijakan perdagangan internasional | · Mengkaji referensi tentang faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional. · Mendikusikan manfaat perdagangan internasional. · Mengkaji referensi tentang teori-teori perdagangan internasional. · Mengkaji referensi dan mendikusikan dampak perdagangan internasional terhadap produktivitas dan konsumsi. · Mencari informasi tentang devisa. · Mencari informasi tentang pengertian kurs dan perubahannya. · Menghitung nilai tukar valuta berdasarkan kurs yang berlaku. · Mencari informasi tentang perkembangan nilai rupiah terhadap valuta asing. · Cara dan alat pembayaran internasional. · Mengkaji referensi tentang pengertian dan jenis-jenis kebijakan perdagangan internasional | · Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional. · Menjelaskan manfaat perdagangan internasional · Menjelaskan teori-teori perdagangan internasional. · Menganalisis dampak perdagangan internasional terhadap produktivitas dan konsumsi. · Menjelaskan konsep devisa · Mendeskripsikan pembayaran internasional. · Mendeskrpsikan kebijakan perdagangan internasional | Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi). Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap | 8 x 45 menit 6 x 45 menit 2 x 45 menit | Buku Ekonomi Esis dan sumber lain yang relevan |
No comments:
Post a Comment