10 April 2011

Biologi SMA XI RPP 3



BIOLOGI XI RPP 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester         : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                  : 4 dan 5
Alokasi Waktu            : 4  jam pelajaran
Standar Kompetensi  : 1.   Memahami struktur dan fungsi sel sabagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar               :  1.3       Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, eksositosis
Tujuan                        : Siswa dapat mendeskripsikan struktur membran sel dan transpor melalui membrane

                                           
I.    Indikator
·         Menunjukkan adanya gejala  difusi dan osmosis
·         Mendefinisikan pengertian difusi dan osmosis
·         Menjelaskan mekanisme transpor aktif
·         Menghubungkan struktur membran sel dan fungsinya dalam transpor zat

II.  Materi Ajar
·         Struktur membran sel
·         Plasmolisis
·         Mekanisme pengangkutan zat melalui membran sel antara lain:
1.      Difusi
2.      Osmosis
3.      Imbibisi
4.      Transpor aktif

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali bagian-bagian sel dan menanyakan fungsi membran sel.
·         Guru meminta siswa untuk bersiap-siap melaksanakan Kegiatan 1.1 dan 1.2.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa mengambil alat dan bahan untuk Kegiatan 1.1.
·         Siswa melakukan eksperimen dengan Kegiatan 1.1, kemudian meletakkan hasil eksperimen di tempat yang sudah ditentukan untuk diamati esok hari.
·         Siswa mempersiapkan melakukan Kegiatan 1.2 dengan mengambil mikroskop, alat, dan bahan yang lain.
·         Siswa membuat preparat pengamatan dan mengamatinya dengan menggunakan mikroskop.
·         Siswa mencatat hasil pengamatan.
·         Siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan diskusi.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa dan guru menyimpulkan pengertian plasmolisis dan faktor penyebabnya.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
·         Guru mengatur waktu pengamatan kegiatan 1.1.

Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru mengecek hasil pengamatan Kegiatan 1.1.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hasil Kegiatan 1.1.
B.   Kegiatan inti  (70 menit)
·         Guru menunjukkan gambar membran sel, kemudian meminta siswa mendeskripsikan struktur membran sel.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara struktur membran sel dengan fungsinya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme pengangkutan melalui membran sel.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan proses transportasi zat melalui membran sel.

V.  Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab 1

VI. Penilaian
·         Laporan hasil eksperimen
·         Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama KD 1.1 dan 1.2)

No comments: