BIOLOGI XI RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan : 4 dan 5
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur dan fungsi sel sabagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar : 1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, eksositosis
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan struktur membran sel dan transpor melalui membrane
I. Indikator
· Menunjukkan adanya gejala difusi dan osmosis
· Mendefinisikan pengertian difusi dan osmosis
· Menjelaskan mekanisme transpor aktif
· Menghubungkan struktur membran sel dan fungsinya dalam transpor zat
II. Materi Ajar
· Struktur membran sel
· Plasmolisis
· Mekanisme pengangkutan zat melalui membran sel antara lain:
1. Difusi
2. Osmosis
3. Imbibisi
4. Transpor aktif
III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali bagian-bagian sel dan menanyakan fungsi membran sel.
· Guru meminta siswa untuk bersiap-siap melaksanakan Kegiatan 1.1 dan 1.2.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa mengambil alat dan bahan untuk Kegiatan 1.1.
· Siswa melakukan eksperimen dengan Kegiatan 1.1, kemudian meletakkan hasil eksperimen di tempat yang sudah ditentukan untuk diamati esok hari.
· Siswa mempersiapkan melakukan Kegiatan 1.2 dengan mengambil mikroskop, alat, dan bahan yang lain.
· Siswa membuat preparat pengamatan dan mengamatinya dengan menggunakan mikroskop.
· Siswa mencatat hasil pengamatan.
· Siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan diskusi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa dan guru menyimpulkan pengertian plasmolisis dan faktor penyebabnya.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
· Guru mengatur waktu pengamatan kegiatan 1.1.
Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru mengecek hasil pengamatan Kegiatan 1.1.
· Siswa bersama guru menyimpulkan hasil Kegiatan 1.1.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru menunjukkan gambar membran sel, kemudian meminta siswa mendeskripsikan struktur membran sel.
· Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara struktur membran sel dengan fungsinya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme pengangkutan melalui membran sel.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan proses transportasi zat melalui membran sel.
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono, Esis
· Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab 1
VI. Penilaian
· Laporan hasil eksperimen
· Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama KD 1.1 dan 1.2)
No comments:
Post a Comment