BIOLOGI XII RPP 11
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 25 dan 26
Alokasi Waktu : 4 × 45 Menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.4 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan perisitwa mutasi
======================================================================
I. Indikator
· Mendeskripsikan pengertian mutasi
· Mendeskripsikan berbagai model mutasi gen
· Mendeskripsikan berbagai model mutasi kromosom
· Mengubungkan mutasi dan evolusi
II. Materi Ajar
· Pengertian mutasi
· Macam-macam mutasi:
1. Mutasi gen
2. Mutasi kromosom
III. Metode Pembelajaran
Diskusi- Penugasan-Simulasi model
IV. Langkah-Langkah pembelajaran
Pertemuan 25 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru mengingatkan kembali adanya sifat yang dapat diwariskan (gen) dan mekanisme pengaturannya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan hal yang akan terjadi seandainya susunan gen mengalami perubahan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa menunjukkan beberapa gejala mutasi baik alami maupun buatan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
· Siswa mendefinisikan pengertian mutasi berdasarkan gejala-gejala yang dapat ditemukan.
· Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme terjadinya mutasi.
· Siswa bersama guru mendiskusikan macam-macam mutasi berdasarkan tempat terjadinya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan mutasi tingkat gen dan tingkat kromosom.
· Dengan menggunakan gambar atau model siswa bersama mendiskusikan berbagai kemungkinan yang akan terjadi pada mutasi gen.
· Siswa untuk membuat model mutasi pergesaran kerangka dengan menggunakan Kegiatan 6.1 dalam kelompok.
· Siswa mendiskusikan pertanyaan pada Kegiatan 6.1.
· Siswa membuat laporan Kegiatan 6.1.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian mutasi, macam-macam mutasi, dan berbagai kemungkinan yang terjadi pada mutasi gen.
Pertemuan 26 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru menanyakan kembali tentang berbagai macam mutasi dilihat dari tingkat terjadinya mutasi.
· Guru menanyakan kembali pengertian mutasi kromosom.
B. Kegiatan inti (75 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan kemungkinan yang terjadi pada mutasi kromosom.
· Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai kelainan yang terjadi pada manusia yang mengalami mutasi kromosom.
· Siswa bersama guru mendiskusikan peranan mutasi bagi pembentukan spesies baru dan evolusi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai macam mutasi kromosom dan dampaknya.
· Siswa bersama guru menyimpulkan peranan mutasi bagi proses evolusi.
· Guru menugaskan siswa untuk menyusun ketas kerja dengan Kegiatan 6.3 atau diskusi Salingtemas.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
· Ujian kompetensi tertulis
· Tugas kertas kerja
No comments:
Post a Comment