Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Biologi SMA XII RPP 7



BIOLOGI XII RPP 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 14, 15, dan 16
Alokasi Waktu            : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi  : 3.   Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar     :  3.1    Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
Tujuan                           :        Siswa mampu membedakan dan menjelaskan tentang gen, DNA, dan kromosom

 =======================================================================                                            

I.       Indikator
·         Mendeskripsikan hubungan sel, kromosom, gen, dan DNA
·         Mendeskripsikan struktur DNA
·         Mendeskripsikan proses replikasi DNA
·         Mendeskripsikan struktur RNA
·         Membedakan DNA dan RNA

II.    Materi Ajar
·         Struktur sel dan  kromosom
·         Hubungan kromosom, gen, dan DNA
·         Struktur DNA
·         Replikasi DNA

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 14 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru mengidentifikasi pemahaman siswa tentang gen (sifat yang dapat diturunkan) dengan memberi pertanyaan-pertanyaan untuk diskusi.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Dengan diberikan gambar sel, siswa diminta untuk mengidentifikasi bagian sel yang membawa sifat gen.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi kromosom sebagai tempat gen tersimpan.
·         Guru memberikan gambar kariotipe manusia siswa memotong-motong gambar tersebut dan mengurutkan berdasarkan ukurannnya dengan menggunakan Kegiatan 3.1.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan simbol gen dan alel.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.

Pertemuan 15 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menjelaskan bahwa gen tersusun atas molekul DNA.
·        Guru menjelaskan beberapa hasil penelitian tentang DNA (misalnya aturan Chargaf dan foto sinar X molekul DNA).

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan komponen penyusun molekul DNA (Deoksiribosa, basa nitrogen, dan gugus fosfat).
·         Siswa bersama guru mendiskusikan arti penting temuan chargaf dan foto sinar X DNA bagi penemuan struktur tiga dimensi  DNA oleh Watson dan Crick.
·         Dengan menggunakan Gambar 3.11 dan 3.13 atau model DNA, siswa bersama guru mendiskusikan struktur tiga dimensi DNA menurut Watson dan Crick.
·         Dengan menggunakan Gambar 3.14, siswa mendikusikan berbagai hipotesis replikasi DNA dan menentukan yang paling benar.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan struktur DNA dan proses Replikasi DNA

Pertemuan 16 (2 × 45 menit)

A.  Kegiatan awal
·        Guru menanyakan kembali struktur DNA sebagai substansi genetika.
·        Guru menjelaskan bahwa selain DNA sebagai substansi genetika DNA juga berkaitan dengan molekul RNA.

A.     Kegiatan inti
·         Siswa bersama mendiskusikan struktur RNA.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan DNA dan RNA.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai jenis RNA dan fungsinya.

B.     Kegiatan akhir
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi RNA.

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·         Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI.        Penilaian
·    Uji kompetensi tertulis

No comments: