BIOLOGI XII RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 14, 15, dan 16
Alokasi Waktu : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar : 3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
Tujuan : Siswa mampu membedakan dan menjelaskan tentang gen, DNA, dan kromosom
=======================================================================
I. Indikator
· Mendeskripsikan hubungan sel, kromosom, gen, dan DNA
· Mendeskripsikan struktur DNA
· Mendeskripsikan proses replikasi DNA
· Mendeskripsikan struktur RNA
· Membedakan DNA dan RNA
II. Materi Ajar
· Struktur sel dan kromosom
· Hubungan kromosom, gen, dan DNA
· Struktur DNA
· Replikasi DNA
III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 14 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru mengidentifikasi pemahaman siswa tentang gen (sifat yang dapat diturunkan) dengan memberi pertanyaan-pertanyaan untuk diskusi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Dengan diberikan gambar sel, siswa diminta untuk mengidentifikasi bagian sel yang membawa sifat gen.
· Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi kromosom sebagai tempat gen tersimpan.
· Guru memberikan gambar kariotipe manusia siswa memotong-motong gambar tersebut dan mengurutkan berdasarkan ukurannnya dengan menggunakan Kegiatan 3.1.
· Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.
· Siswa bersama guru mendiskusikan simbol gen dan alel.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.
Pertemuan 15 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menjelaskan bahwa gen tersusun atas molekul DNA.
· Guru menjelaskan beberapa hasil penelitian tentang DNA (misalnya aturan Chargaf dan foto sinar X molekul DNA).
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru bersama siswa mendiskusikan komponen penyusun molekul DNA (Deoksiribosa, basa nitrogen, dan gugus fosfat).
· Siswa bersama guru mendiskusikan arti penting temuan chargaf dan foto sinar X DNA bagi penemuan struktur tiga dimensi DNA oleh Watson dan Crick.
· Dengan menggunakan Gambar 3.11 dan 3.13 atau model DNA, siswa bersama guru mendiskusikan struktur tiga dimensi DNA menurut Watson dan Crick.
· Dengan menggunakan Gambar 3.14, siswa mendikusikan berbagai hipotesis replikasi DNA dan menentukan yang paling benar.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan struktur DNA dan proses Replikasi DNA
Pertemuan 16 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal
· Guru menanyakan kembali struktur DNA sebagai substansi genetika.
· Guru menjelaskan bahwa selain DNA sebagai substansi genetika DNA juga berkaitan dengan molekul RNA.
A. Kegiatan inti
· Siswa bersama mendiskusikan struktur RNA.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan DNA dan RNA.
· Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai jenis RNA dan fungsinya.
B. Kegiatan akhir
· Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi RNA.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment