10 April 2011

Biologi SMA XI RPP 8


BIOLOGI XI RPP 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester         : XI (Sebelas)/ 2
Pertemuan                  : 1, 2, dan 3
Alokasi Waktu            : 5 jam pelajaran
Standar Kompetensi  : 3.   Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar      : 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
Tujuan                        :  Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan

                                        
I.    Indikator
·         Menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan menggunakan uji makanan sederhana
·         Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh.
·         Menghubungkan  struktur dan  fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan makanan manusia
·         Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan makanan manusia.
·         Menjelaskan proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia dengan menggunakan gambar
·         Membandingkan struktur dan fungsi sistem pencernaan pada hewan vertebrata
·         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang gangguan/penyakit yang terdapat dalam sistem pencernaan makanan

II. Materi Ajar
·         Zat gizi dan fungsinya bagi manusia
·         Cara menguji kandungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan
·         Organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia meliputi:
1.   Saluran pencernaan: mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar
2.   Kelenjar pencernaan: lambung, hati, pankreas, kelenjar usus
·         Proses pencernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia
·         Sistem pencernaan pada hewan vertebrata terutama sistem pencernaan hewan ruminansia (memamah biak)
·         Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi-Pengamatan-Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa mengidentifikasi zat-zat (gizi) yang terdapat dalam bahan makanan yang biasa dimakan siswa.
·         Siswa mengidentifikasi beberapa zat (gizi) yang terdapat dalam bahan makanan.
·         Guru menjelaskan bahwa bahan makanan dapat diuji kandungan zat gizinya dengan Kegiatan 6.1. Tes bahan makanan.
·         Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk pengujian bahan makanan.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru mendemonstrasikan pengujian dengan benedict, iod, dan biuret untuk reaksi positif yang dihasilkan.
·         Siswa melakukan tes terhadap beberapa bahan makanan yang tersedia dengan tes benedict, iod, dan biuret.
·         Siswa mencatat hasil pengujian, kemudian menyimpulkan kadungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan tersebut.
·         Siswa mengembalikan alat dan bahan yang digunakan dan membersihkan meja kerja.
·         Siswa menjawab pertanyaan diskusi dilanjutkan mengidentifikasi zat-zat gizi lain dan fungsinya bagi tubuh.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan prinsip pengujian makanan.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil praktek.

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa mempersiapkan praktek Kegiatan 6.3.
·         Siswa mengambil alat dan bahan praktikum.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa melaksanakan Kegiatan 6.3 dan mengamati hasilnya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hasil pengamatan dan kesimpulan dengan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
·         Dengan diberikan gambar sistem pencernaan manusia siswa diminta mengidentifikasi organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia dan proses pencernaan yang terjadi.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan proses pecernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

Pertemuan 3 (1 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru meminta siswa membaca buku teks dan mengumpulkan informasi tentang sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata dan menyusunnya menjadi tabel perbandingan.
B.   Kegiatan inti (35 menit)
·         Siswa membaca buku teks, kemudian menyusun tabel perbandingan sistem pencernaan pada hewan vertebrata.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hasil perbandingan sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata.
·         Dengan diberikan gambar sistem pencernaan hewan ruminansia, siswa diminta mendeskripsikan proses pencernaan pada hewan ruminansia.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan atau penyakit pada sistem pencernaan manusia.

C.   Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan perbandingan sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata dan proses pencernaan pada hewan ruminansia.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan makanan manusia.

IV. Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono Ps , Esis
·         Buku Biologi jilid XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab VI
·         Beberapa bahan makanan
·         Tabung reaksi
·         Rak tabung reaksi
·         Pembakar spiritus
·         Regen biuret, iod, dan benedict

V.  Penilaian
            ·    Laporan hasil praktik uji makanan
            ·    Laporan hasil praktik enzim dan kerja enzim
            ·    Uji kompetensi tertulis

No comments: