Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP16



EKONOMI X RPP 16

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).

Kompetensi Dasar     : 5.1 Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN.

Indikator                    : Mendeskripsikan konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN
                                      Menghitung pendapatan per kapita

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendeskripsikan konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN serta menghitung pendapatan per kapita.

B. Materi Pokok
            Pendapatan nasional

C. Uraian Materi
a)      PDB
b)      PDRB
c)      PNB
d)     PN
e)      Pendapatan per kapita

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang pendapatan nasional dengan cara menghubungkannya dengan pendapatan orang tuanya atau pendapatan masyarakat sekitar.
b. Motivasi
            Pemahaman tentang pendapatan nasional akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan PDB.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan PDRB.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan PNB.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan PN.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …


…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: