Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP10



EKONOMI X RPP 10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1

Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.

Kompetensi Dasar     : 3.2 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya.

Indikator                    : 1. Menginterpretasikan hukum permintaan dan penawaran
2. Memberi contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menginterpretasikan hukum permintaan.
b)      Siswa dapat memberi contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran.

B. Materi Pokok
            Hukum permintaan dan penawaran

C. Uraian Materi
a)      Hukum permintaan
b)      Hukum penawaran

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang pengertian permintaan dan penawaran dan menjelaskan kaitannya dengan pembahasan materi yang baru tentang hukum permintaan dan penawaran. Kemudian guru menguraikan dengan jelas isi dan asumsi dari hukum permintaan dan penawaran. 


b. Motivasi
            Hukum permintaan dan penawaran adalah materi yang sangat krusial dan akan terus berlaku dalam ilmu serta kegiatan ekonomi.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menguraikan hukum permintaan.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menguraikan hukum penawaran.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………..

No comments: