BIOLOGI XI RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XI (Sebelas) 1
Pertemuan : 13, 14 , 15 dan 16
Alokasi Waktu : 7 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah
I. Indikator
· Menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya
· Membuat skema proses pembekuan darah
· Menguji golongan darah
· Menjelaskan hubungan bagian-bagian jantung dan fungsinya
· Menjelaskan hubungan stuktur pembuluh darah dan fungsinya
· Menggambarkan lintasan peredaran darah pada manusia
· Menjelaskan sistem limfe
· Mendeskripsikan hubungan sistem peredaran darah dan sistem limfatik
· Mendeskripsikan gangguan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia
· Mendeskripsikan sistem sirkulasi pada hewan invertebrata
· Membandingkan sistem sirkulasi pada hewan-hewan vertebrata
II. Materi Ajar
· Komponen penyusun sistem peredaran darah manusia:
1. Darah
2. Jantung
3. Pembuluh darah
· Mekanisme sistem peredaran darah manusia
· Penggolongan darah
· Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan - Penugasan- Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru menanyakan kepada siswa pengertian dan fungsi sistem sirkulasi pada manusia.
· Siswa menjawab dengan terlebih dahulu mengacungkan tangan.
B. Kegiatan inti (80 menit)
· Guru menjelaskan komponen-komponen penyusun sistem peredaran darah manusia.
· Siswa ditugaskan mengamati eritrosit dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
· Siswa mengamati eritrosit dan menggambar hasil pengamatan.
· Siswa ditugaskan melakukan uji golongan darah dengan menggunakan Kegiatan 5.2
· Siswa menyusun laporan Kegiatan 5.1 dan 5.2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan komponen-komponen penyusun darah manusia.
· Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip penggolongan darah dengan sistem ABO.
· Siswa bersama guru mendiskusikan kemungkinan transfusi darah pada manusia.
C. Kegiatan Akhir (15 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan Kegiatan 5.1 dan 5.2.
Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan bagaimana darah dapat beredar
· Siswa menjelaskan peranan jantung dan pembuluh darah dalam sistem peredaran darah
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru memberikan gambar jantung, kemudian siswa diminta menyebutkan bagian jantung yang ditunjuk dan fungsinya.
· Guru menanyakan macam-macam pembuluh darah dan fungsinya.
· Guru memberikan gambar pembuluh darah dan siswa diminta mendeskripsikan perbedaan struktur ketiga macam pembuluh darah.
· Dengan memperhatikan bagian-bagian jantung dan fungsi pembuluh darah, siswa ditugaskan membuat skema peredaran darah yang meliputi peredaran darah kecil.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang struktur jantung.
· Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang struktur dan fungsi pembuluh darah.
· Siswa bersama guru mendiskusikan lintasan peredaran darah manusia.
Pertemuan 15 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (15 menit)
· Guru menanyakan kepada siswa pengertian dan fungsi sistem limfe.
· Siswa mendeskripsikan pengertian sistem limfe dan fungsinya.
B. Kegiatan inti (35 menit)
· Guru memberikan gambar organ-organ limfe yang terdapat dalam tubuh dan siswa diminta menentukan nama organ tersebut.
· Guru memberikan gambar sistem peredaran limfe, kemudian siswa diminta menyebutkan ciri-ciri pembuluh limfe dan sistem peredarannya.
· Siswa bersama guru mendeskripsikan perbedaan sistem peredaran darah dan sistem limfe.
· Siswa bersama guru mendiskusikan gangguan atau penyakit pada sistem peredaran darah manusia.
· Guru menugaskan siswa mengumpulkan informasi tentang penyebab, gangguan, pengobatan dan pencegahan penyakit/gangguan pada sistem peredaran darah manusia dari berbagai media dan menyusunnya menjadi sebuah kliping.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan struktur dan fungsi sistem limfe.
· Guru meminta siswa membawa hewan vertebrata untuk dibedah dan diamati sistem peredaran darahnya.
Pertemuan 16 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa mempersiapkan alat bedah.
· Siswa mempersiapkan pembedahan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa membius hewan yang dibawa, kemudian meletakkannya di atas papan bedah.
· Siswa membedah hewan secara hati-hati sampai rongga dada sehingga dapat ditemukan jantung.
· Siswa mengamati jatung meliputi bentuk dan denyutnya kemudian menggambar hasil pengamatan.
· Siswa memotong pembuluh darah di sekitar jantung sehingga jantung dapat dilepaskan
· Siswa mengamati jantung yang sudah dilepas.
· Siswa menyimpulkan sistem peredaran darah pada hewan yang diamati.
· Siswa membersihkan meja kerja dari bekas kegiatan .
· Siswa mengumpulkan informasi dari buku teks tentang berbagai sistem peredaran darah vertebrata, kemudian menyusunnya dalam bentuk tabel perbedaan sistem peredaran darah hewan vertebrata.
· Siswa mengumpulkan informasi sistem sirkulasi hewan invertebrata dan mendeskripsikan beberapa contoh sistem sirkulasi pada hewan invertbrata.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru berdiskusi untuk menyimpulkan perbedaan prinsip sistem peredaran darah hewan vertebrata.
· Siswa bersama guru menyimpulkan sistem-sistem peredaran darah pada hewan invertebrata.
V. Alat /Bahan/Sumber
· Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono PS, Esis
· Buku Biologi Jilid XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab V
· Hewan-hewan vertebrata
· Koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan eritrosit
· Laporan praktikum uji golongan darah
· Laporan hasil pengamatan sistem peredaran darah hewan vertebrata
· Uji kompetensi tertulis
· Kliping tentang gangguan, pengobatan, dan pencegahan
· Penyakit pada sistem peredaran darah manusia
No comments:
Post a Comment