10 April 2011

Biologi SMA XI RPP 7



BIOLOGI XI RPP 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XI (Sebelas) 1
Pertemuan                  : 13, 14 , 15 dan 16
Alokasi Waktu            : 7  jam pelajaran
Standar Kompetensi      :     3.            Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar         :  3.2             Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah
Tujuan                       :  Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah

                       
I.    Indikator
·         Menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya
·         Membuat skema proses pembekuan darah
·         Menguji golongan darah
·         Menjelaskan hubungan bagian-bagian jantung dan fungsinya
·         Menjelaskan hubungan stuktur pembuluh darah dan fungsinya
·         Menggambarkan lintasan peredaran darah pada manusia
·         Menjelaskan sistem  limfe
·         Mendeskripsikan  hubungan sistem peredaran darah dan sistem  limfatik
·         Mendeskripsikan gangguan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia
·         Mendeskripsikan sistem sirkulasi pada hewan invertebrata
·         Membandingkan sistem sirkulasi pada hewan-hewan vertebrata

II.  Materi Ajar
·         Komponen penyusun sistem peredaran darah manusia:
1.      Darah
2.      Jantung
3.      Pembuluh darah
·         Mekanisme sistem peredaran darah manusia
·         Penggolongan darah
·         Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia

III. Metode Pembelajaran
·          Pengamatan - Penugasan- Diskusi            

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru menanyakan kepada siswa pengertian dan fungsi sistem sirkulasi  pada manusia.
·         Siswa menjawab dengan terlebih dahulu mengacungkan tangan.
B.   Kegiatan inti (80 menit)
·         Guru menjelaskan komponen-komponen penyusun sistem peredaran darah manusia.
·         Siswa ditugaskan mengamati eritrosit dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
·         Siswa mengamati eritrosit dan menggambar hasil pengamatan.
·         Siswa ditugaskan melakukan uji golongan darah dengan menggunakan Kegiatan 5.2
·         Siswa menyusun laporan Kegiatan 5.1 dan 5.2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan komponen-komponen penyusun darah manusia.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip penggolongan darah dengan sistem ABO.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kemungkinan transfusi darah pada manusia.
C.   Kegiatan Akhir (15 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan Kegiatan 5.1 dan 5.2.

Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan bagaimana darah dapat beredar
·         Siswa menjelaskan peranan jantung dan pembuluh darah dalam sistem peredaran darah
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru memberikan  gambar jantung, kemudian siswa diminta menyebutkan bagian jantung yang ditunjuk dan fungsinya.
·         Guru menanyakan macam-macam pembuluh darah dan fungsinya.
·         Guru memberikan gambar pembuluh darah dan siswa diminta mendeskripsikan perbedaan struktur  ketiga macam pembuluh darah.
·         Dengan memperhatikan bagian-bagian jantung dan fungsi pembuluh darah, siswa ditugaskan membuat skema peredaran darah yang meliputi peredaran darah kecil.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang struktur jantung.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang struktur dan fungsi pembuluh darah.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan lintasan peredaran darah manusia.

Pertemuan 15 (1 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (15 menit)
·    Guru menanyakan kepada siswa pengertian dan fungsi sistem limfe.
·    Siswa mendeskripsikan pengertian sistem limfe dan fungsinya.
B.   Kegiatan inti (35 menit)
·         Guru memberikan gambar organ-organ limfe yang terdapat dalam tubuh dan siswa diminta menentukan nama organ tersebut.
·         Guru memberikan gambar sistem peredaran limfe, kemudian siswa diminta menyebutkan ciri-ciri pembuluh limfe dan sistem peredarannya.
·         Siswa bersama guru mendeskripsikan perbedaan sistem peredaran darah dan sistem limfe.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan gangguan atau penyakit pada sistem peredaran darah manusia.
·         Guru menugaskan siswa mengumpulkan informasi tentang penyebab, gangguan, pengobatan dan pencegahan penyakit/gangguan pada sistem peredaran darah manusia dari berbagai media dan menyusunnya menjadi sebuah kliping.
C.   Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan struktur dan fungsi sistem limfe.
·         Guru meminta siswa membawa hewan vertebrata untuk dibedah dan diamati sistem peredaran darahnya.

Pertemuan 16 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa mempersiapkan alat bedah.
·         Siswa mempersiapkan pembedahan.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa membius hewan yang dibawa, kemudian meletakkannya di atas papan bedah.
·         Siswa membedah hewan secara hati-hati sampai rongga dada sehingga dapat ditemukan jantung.
·         Siswa mengamati jatung meliputi bentuk dan denyutnya kemudian menggambar hasil pengamatan.
·         Siswa memotong pembuluh darah di sekitar jantung sehingga jantung dapat dilepaskan
·         Siswa mengamati jantung yang sudah dilepas.
·         Siswa menyimpulkan sistem peredaran darah pada hewan yang diamati.
·         Siswa membersihkan meja kerja dari bekas kegiatan .
·         Siswa mengumpulkan informasi dari buku teks tentang berbagai sistem peredaran darah vertebrata, kemudian menyusunnya dalam bentuk tabel perbedaan sistem peredaran darah hewan vertebrata.
·         Siswa mengumpulkan informasi sistem sirkulasi hewan invertebrata dan mendeskripsikan beberapa contoh sistem sirkulasi pada  hewan invertbrata.
C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru berdiskusi untuk menyimpulkan perbedaan prinsip sistem peredaran darah hewan vertebrata.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan sistem-sistem peredaran darah pada hewan invertebrata.

V. Alat /Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono PS, Esis
·         Buku Biologi Jilid XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab V
·         Hewan-hewan vertebrata
·         Koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet

VI.             Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan eritrosit
·         Laporan praktikum uji golongan darah
·         Laporan hasil pengamatan sistem peredaran darah hewan vertebrata
·         Uji kompetensi tertulis
·         Kliping tentang gangguan, pengobatan, dan pencegahan
·         Penyakit pada sistem peredaran darah manusia

No comments: