EKONOMI X SILABUS 2
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat |
4.1 Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro. 4.2 Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi | · Pengertian ekonomi mikro dan makro · Perbedaan antara ekonomi mikro dan makro · Pertumbuhan ekonomi · Inflasi · Pengangguran · Kemiskinan · Defisit anggaran pemerintah · Utang luar negeri | · Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan makro melalui referensi. · Mendiskusikan perbedaan ekonomi mikro dan makro. · Memberi contoh ekonomi mikro dan masyarakat di lingkungannya. · Mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui pengamatan di lingkungan sekitar. · Memecahkan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui diskusi. | · Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan makro. · Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan makro. · Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro dan makro. · Mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi. · Mendeskripsikan cara mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi. | Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi). Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap | 4 x 45 menit 2 x 45 menit | Buku Ekonomi Esis dan sumber lain yang relevan |
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat |
5.1 Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN 5.2 Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional 5.3 Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain 5.4 Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi | · PDB · PDRB · PNB · PN · Pendapatan per kapita · Manfaat penghitungan pendapatan nasional · Menghitung pendapatan nasional · Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain. · Pengertian dan hubungan indeks harga dan inflasi · Penyebab, dampak, dan cara mengatasi inflasi · Penghitungan inflasi | · Mendeskripsikan pengertian PDB, PDRB, PNB, PN (NNI), PI, dan DI melalui referensi. · Menghitung pendapatan per kapita berdasarkan data BPS. · Mengidentifikasi manfaat penghitungan pendapatan nasional melalui referensi. · Menunjukkan perbedaan metode penghitungan pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran. · Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain melalui referensi. · Mendeskripsikan pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen. · Menunjukkan hubungan indeks harga dengan inflasi. · Mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis inflasi. · Mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi melalui diskusi dan referensi. · Menghitung angka inflasi. | · Mendeskripsikan pengertian PDB, PDRB, PNB, PN (NNI), PI, dan DI. · Menghitung pendapatan per kapita. · Mengidentifikasi manfaat penghitungan pendapatan nasional. · Menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran. · Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain. · Mendeskripsikan pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen. · Menghubungkan indeks harga dengan inflasi. · Mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis inflasi. · Mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi. · Menghitung angka inflasi. | Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi). Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap | 2 x 45 menit 1 x 45 menit 2 x 45 menit 3 x 45 menit | Buku Ekonomi Esis dan sumber lain yang relevan |
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsumsi dan investasi.
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat |
6.1 Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan 6.2 Mendeskripsikan kurva permintaan investasi | · Fungsi konsumsi · Fungsi tabungan · Kurva permintaan investasi | · Menentukan MPC, APC, MPS, dan APS dengan fungsi matematis serta menggunakan kurva. · Menggambar kurva fungsi konsumsi dan fungsi tabungan. · Mendeskripsikan kurva permintaan investasi melalui referensi. | · Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya. · Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya. · Mendeskripsikan pengertian investasi. · Mendeskripsikan fungsi investasi. · Mendeskripsikan kurva permintaan investasi. | Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi). Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap | 6 x 45 menit 4 x 45 menit | Buku Ekonomi Esis dan sumber lain yang relevan |
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan.
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat |
7.1 Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang 7.2 Membedakan peran bank umum dan bank sentral 7.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter | · Pengertian uang · Fungsi uang · Permintaan uang · Penawaran uang · Pengertian bank · Fungsi bank · Peran bank umum dan bank sentral · Produk-produk perbankan · 5C · Kebaikan dan keburukan kredit · Tujuan kebijakan moneter · Kebijakan moneter pasar terbuka · Kebijakan moneter diskonto · Kebijakan moneter cadangan kas · Kebijakan moneter dorongan moral | · Mendeskripsikan pengertian dan fungsi uang melalui referensi. · Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran uang dan menggambarkan kurvanya. · Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran kurva permintaan dan penawaran uang. · Mendeskripsikan pengertian, jenis, dan fungsi bank, serta cara memanfaatkan produk perbankan bagi siswa dan pengusaha melalui diskusi dan studi lapangan. · Mendeskripsikan pengertian kredit dan persyaratannya, serta kebaikan dan keburukan kredit melalui referensi. · Merumuskan kebijakan melalui referensi. | · Mendeskripsikan pengertian uang. · Mengidentifikasi fungsi uang. · Mendeskripsikan permintaan uang. · Mendeskripsikan penawaran uang. · Mendeskripsikan pengertian bank. · Menguraikan fungsi bank sentral. · Menguraikan fungsi bank umum. · Menguraikan fungsi bank syariah. · Menguraikan fungsi bank perkreditan rakyat. · Mengidentifikasi peran bank umum dan bank sentral. · Mengidentifikasi produk-produk perbankan. · Menyebutkan jenis dan fungsi lembaga keuangan. · Menguraikan 5C. · Mendeskripsikan kebaikan dan keburukan kredit bagi nasabah · Mendeskripsikan tujuan kebijakan moneter. · Mendeskripsikan kebijakan dan instrumen kebijakan moneter | Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi). Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap | 2 x 45 menit 4 x 45 menit 2 x 45 menit | Buku Ekonomi Esis dan sumber lain yang relevan |
No comments:
Post a Comment