10 April 2011

Ekonomi SMA X Silabus 2



EKONOMI X SILABUS 2

SILABUS

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : X
Semester                      : 2
Standar Kompetensi   : 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.
Alokasi Waktu            : 6 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
4.1  Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro.






















4.2  Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi

·    Pengertian ekonomi mikro dan makro
·    Perbedaan antara ekonomi mikro dan makro




















·    Pertumbuhan ekonomi
·    Inflasi
·    Pengangguran
·    Kemiskinan
·    Defisit anggaran pemerintah
· Utang luar negeri

·    Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan makro melalui referensi.
·    Mendiskusikan perbedaan ekonomi mikro dan makro.
·    Memberi contoh ekonomi mikro dan masyarakat di lingkungannya.

















· Mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui pengamatan di lingkungan sekitar.
· Memecahkan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui diskusi.
·    Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan makro.
·    Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan makro.
· Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro dan makro.














· Mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
· Mendeskripsikan cara mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi.
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
4 x 45 menit
























2 x 45 menit
Buku Ekonomi Esis dan sumber lain yang relevan

SILABUS

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : X
Semester                      : 2
Standar Kompetensi   : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
Alokasi Waktu            : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
5.1  Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN























5.2  Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional




5.3  Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain


5.4  Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi


·    PDB
·    PDRB
·    PNB
·    PN
·    Pendapatan per kapita





















·    Manfaat penghitungan pendapatan nasional
· Menghitung pendapatan nasional




· Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.



· Pengertian dan hubungan indeks harga dan inflasi
· Penyebab, dampak, dan cara mengatasi inflasi
· Penghitungan inflasi





·    Mendeskripsikan pengertian PDB, PDRB, PNB, PN (NNI), PI, dan DI melalui referensi.
·    Menghitung pendapatan per kapita berdasarkan data BPS.






















· Mengidentifikasi manfaat penghitungan pendapatan nasional melalui referensi.
· Menunjukkan perbedaan metode penghitungan pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran.

·    Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain melalui referensi.



·    Mendeskripsikan pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen.
·    Menunjukkan hubungan indeks harga dengan inflasi.
·    Mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis inflasi.
·    Mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi melalui diskusi dan referensi.
·    Menghitung angka inflasi.
·    Mendeskripsikan pengertian PDB, PDRB, PNB, PN (NNI), PI, dan DI.
·    Menghitung pendapatan per kapita.





















·    Mengidentifikasi manfaat penghitungan pendapatan nasional.
· Menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran.

· Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.



·    Mendeskripsikan pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen.
·    Menghubungkan indeks harga dengan inflasi.
·    Mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis inflasi.
·   Mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi.
·    Menghitung angka inflasi.
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap




2 x 45 menit

























1 x 45 menit







2 x 45 menit





3 x 45 menit















Buku Ekonomi Esis dan sumber lain yang relevan

SILABUS

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : X
Semester                      : 2
Standar Kompetensi   : 6. Memahami konsumsi dan investasi.
Alokasi Waktu            : 10 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
6.1  Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan






















6.2  Mendeskripsikan kurva permintaan investasi

·    Fungsi konsumsi
·    Fungsi tabungan























·    Kurva permintaan investasi


·    Menentukan MPC, APC, MPS, dan APS dengan fungsi matematis serta menggunakan kurva.
·    Menggambar kurva fungsi konsumsi dan fungsi tabungan.



















· Mendeskripsikan kurva permintaan investasi melalui referensi.

·    Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya.
·    Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya.



















·    Mendeskripsikan pengertian investasi.
· Mendeskripsikan fungsi investasi.
· Mendeskripsikan kurva permintaan investasi.
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
6 x 45 menit
























4 x 45 menit
Buku Ekonomi Esis dan sumber lain yang relevan





SILABUS

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : X
Semester                      : 2
Standar Kompetensi   : 7. Memahami uang dan perbankan.                                
Alokasi Waktu            : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
7.1  Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang






















7.2  Membedakan peran bank umum dan bank sentral





















7.3  Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter






·    Pengertian uang
·    Fungsi uang
·    Permintaan uang
·    Penawaran uang





















·          Pengertian bank
·          Fungsi bank
·    Peran bank umum dan bank sentral
·    Produk-produk perbankan
·    5C
·    Kebaikan dan keburukan kredit















·    Tujuan kebijakan moneter
·    Kebijakan moneter pasar terbuka
·    Kebijakan moneter diskonto
·    Kebijakan moneter cadangan kas
·    Kebijakan moneter dorongan moral
·    Mendeskripsikan pengertian dan fungsi uang melalui referensi.
·    Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran uang dan menggambarkan kurvanya.
·    Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran kurva permintaan dan penawaran uang.














· Mendeskripsikan pengertian, jenis, dan fungsi bank, serta cara memanfaatkan produk perbankan bagi siswa dan pengusaha melalui diskusi dan studi lapangan.
· Mendeskripsikan pengertian kredit dan persyaratannya, serta kebaikan dan keburukan kredit melalui referensi.














·    Merumuskan kebijakan melalui referensi.
·    Mendeskripsikan pengertian uang.
·    Mengidentifikasi fungsi uang.
·    Mendeskripsikan permintaan uang.
·    Mendeskripsikan penawaran uang.

















· Mendeskripsikan pengertian bank.
· Menguraikan fungsi bank sentral.
· Menguraikan fungsi bank umum.
· Menguraikan fungsi bank syariah.
· Menguraikan fungsi bank perkreditan rakyat.
· Mengidentifikasi peran bank umum dan bank sentral.
· Mengidentifikasi produk-produk perbankan.
· Menyebutkan jenis dan fungsi lembaga keuangan.
· Menguraikan 5C.
· Mendeskripsikan kebaikan dan keburukan kredit bagi nasabah

· Mendeskripsikan tujuan kebijakan moneter.
· Mendeskripsikan kebijakan dan instrumen kebijakan moneter


Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
2 x 45 menit
























4 x 45 menit























2 x 45 menit
Buku Ekonomi Esis dan sumber lain yang relevan

No comments: