10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP12



EKONOMI X RPP 12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1

Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.

Kompetensi Dasar     : 3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang

Indikator                    : 1. Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang
2. Mengidentifikasi ciri-ciri berbagai bentuk pasar barang
3. Mengidentifikasi kebaikan dan keburukan dari bentuk pasar
4. Memberi contoh berbagai bentuk pasar

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang.
b)      Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri berbagai bentuk pasar barang.
c)      Siswa dapat mengidentifikasi kebaikan dan keburukan dari bentuk pasar.
d)     Siswa dapat memberi contoh berbagai bentuk pasar.

B. Materi Pokok
            Pasar barang

C. Uraian Materi
a)      Pengertian berbagai bentuk pasar barang
b)      Ciri-ciri pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik. 
c)      Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik. 
d)     Contoh berbagai bentuk pasar

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat kegiatan berbagai bentuk pasar barang. Kemudian guru memberi pengarahan agar siswa mencatat hal-hal yang berkaitan dengan ciri-ciri berbagai bentuk pasar barang.
b. Motivasi
            Siswa dapat membedakan berbagai bentuk pasar barang.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri, kebaikan dan keburukan, serta contoh pasar persaingan sempurna.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri, kebaikan dan keburukan, serta contoh pasar monopoli.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri, kebaikan dan keburukan, serta contoh pasar oligopoli.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri, kebaikan dan keburukan, serta contoh pasar persaingan monopolistik.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: