Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Biologi SMA XI RPP 6



BIOLOGI XI RPP 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester         : XI (Sebelas) 1
Pertemuan                  : 10, 11 dan 12
Alokasi Waktu            : 5 jam pelajaran
Standar Kompetensi  : 3.   Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implika sinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar         :  3.1             Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
Tujuan                        :  Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses, serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem gerak manusia

             
I.    Indikator
·         Menjelaskan stuktur dan fungsi rangka sebagai penyusun sistem  gerak pada manusia
·         Mengambar hubungan antartulang yang membentuk berbagai persendian
·         Menggambarkan struktur persendian
·         Mendeskripsikan struktur tulang
·         Menjelaskan struktur dan fungsi otot sebagai penyusun sistem gerak pada manusia
·         Menghubungkan berbagai gerakan dan persendian yang terlibat
·         Mengidentifikasi berbagai penyakit atau gangguan yang terjadi pada sistem gerak manusia

II.  Materi Ajar
·         Komponen penyusun alat gerak manusia:
1.      Rangka
2.      Otot
·         Hubungan antar tulang :
1.      Sinartrosis
2.      Diartrosis
·         Berbagai macam persendian
·         Berbagai gerak yang dapat dilakukan manusia
·         Gangguan pada sistem gerak manusia

III. Metode Pembelajaran
·         Studi membaca - Pengamatan -Diskusi- Penugasan
                  
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk memperagakan berbagai gerak yang dapat dilakukan.
·         Siswa bersama guru mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam gerakan yaitu tulang, otot, sendi.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa mengamati kerangka manusia.
·         Siswa mengamati dan mengidentifikasi nama-nama tulang yang terdapat dalam kerangka manusia.
·         Guru meminta siswa mengidentifikasi berbagai persendian yang terdapat pada kerangka tubuh manusia dan gerakan yang dapat dilakukan.
·         Siswa mengamati persendian yang terdapat pada kerangka tubuh manusia, kemudian  mengidentifikasi gerakan yang dapat dilakukan
·         Siswa menyimpulkan nama sendi, lokasi, dan gerakan yang dapat dilakukan.
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai nama tulang pada tubuh manusia, persendian yang dibentuk, nama persendian, dan gerakan yang dapat dilakukan.
·         Guru menugaskan siswa untuk membawa tulang paha sapi segar dan mempelajari Kegiatan 4.1.

Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal  (10 menit)
·         Guru meminta siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk pengamatan struktur tulang dengan Kegiatan 4.1.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·                     Siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk Kegiatan 4.1.
·                     Siswa mengamati struktur tulang.
·                     Siswa mencatat hasil pengamatan.
·         Siswa membuat laporan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mendiskusikan struktur tulang panjang.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai macam bentuk tulang.
·         Siswa mengumpulkan laporan praktikum.

Pertemuan 12 (1 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·    Guru meminta siswa memperagakan mengangkat beban dengan tangannya dan mengamati perubahan yang terjadi pada lengan atasnya.
·    Siswa mendemonstrasikan gerakan yang diminta guru kemudian mengamatinya.
·    Siswa menyimpulkan fungsi otot dalam melaksanakan gerakan.
B.   Kegiatan inti (35 menit)
·         Guru meminta siswa mempelajari mekanisme kontraksi otot.
·         Siswa membaca buku teks untuk mengumpulkan informasi mekanisme kontraksi otot.
·         Salah satu siswa menjelaskan mekanisme kerja otot.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan pada sistem gerak manusia.
C.   Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme terjadinya gerakan pada manusia.

V.  Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono PS, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab IV

VI.             Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan struktur tulang
·         Uji kompetensi tertulis

No comments: