BIOLOGI XI RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas) 1
Pertemuan : 10, 11 dan 12
Alokasi Waktu : 5 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implika sinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses, serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem gerak manusia
I. Indikator
· Menjelaskan stuktur dan fungsi rangka sebagai penyusun sistem gerak pada manusia
· Mengambar hubungan antartulang yang membentuk berbagai persendian
· Menggambarkan struktur persendian
· Mendeskripsikan struktur tulang
· Menjelaskan struktur dan fungsi otot sebagai penyusun sistem gerak pada manusia
· Menghubungkan berbagai gerakan dan persendian yang terlibat
· Mengidentifikasi berbagai penyakit atau gangguan yang terjadi pada sistem gerak manusia
II. Materi Ajar
· Komponen penyusun alat gerak manusia:
1. Rangka
2. Otot
· Hubungan antar tulang :
1. Sinartrosis
2. Diartrosis
· Berbagai macam persendian
· Berbagai gerak yang dapat dilakukan manusia
· Gangguan pada sistem gerak manusia
III. Metode Pembelajaran
· Studi membaca - Pengamatan -Diskusi- Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa untuk memperagakan berbagai gerak yang dapat dilakukan.
· Siswa bersama guru mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam gerakan yaitu tulang, otot, sendi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa mengamati kerangka manusia.
· Siswa mengamati dan mengidentifikasi nama-nama tulang yang terdapat dalam kerangka manusia.
· Guru meminta siswa mengidentifikasi berbagai persendian yang terdapat pada kerangka tubuh manusia dan gerakan yang dapat dilakukan.
· Siswa mengamati persendian yang terdapat pada kerangka tubuh manusia, kemudian mengidentifikasi gerakan yang dapat dilakukan
· Siswa menyimpulkan nama sendi, lokasi, dan gerakan yang dapat dilakukan.
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai nama tulang pada tubuh manusia, persendian yang dibentuk, nama persendian, dan gerakan yang dapat dilakukan.
· Guru menugaskan siswa untuk membawa tulang paha sapi segar dan mempelajari Kegiatan 4.1.
Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk pengamatan struktur tulang dengan Kegiatan 4.1.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk Kegiatan 4.1.
· Siswa mengamati struktur tulang.
· Siswa mencatat hasil pengamatan.
· Siswa membuat laporan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mendiskusikan struktur tulang panjang.
· Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai macam bentuk tulang.
· Siswa mengumpulkan laporan praktikum.
Pertemuan 12 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa memperagakan mengangkat beban dengan tangannya dan mengamati perubahan yang terjadi pada lengan atasnya.
· Siswa mendemonstrasikan gerakan yang diminta guru kemudian mengamatinya.
· Siswa menyimpulkan fungsi otot dalam melaksanakan gerakan.
B. Kegiatan inti (35 menit)
· Guru meminta siswa mempelajari mekanisme kontraksi otot.
· Siswa membaca buku teks untuk mengumpulkan informasi mekanisme kontraksi otot.
· Salah satu siswa menjelaskan mekanisme kerja otot.
· Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan pada sistem gerak manusia.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme terjadinya gerakan pada manusia.
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono PS, Esis
· Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab IV
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan struktur tulang
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment