BIOLOGI XI RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran          :  Biologi
Kelas / Semester         :  XI (Sebelas) 1
Pertemuan                  :  10, 11 dan 12
Alokasi Waktu            :  5 jam pelajaran
Standar Kompetensi   :  3.   Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implika sinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar         :  3.1             Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia
Tujuan                        :  Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses, serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem gerak manusia
I.    Indikator
·         Menjelaskan stuktur dan fungsi rangka sebagai penyusun sistem  gerak pada manusia
·         Mengambar hubungan antartulang yang membentuk berbagai persendian
·         Menggambarkan struktur persendian
·         Mendeskripsikan struktur tulang
·         Menjelaskan struktur dan fungsi otot sebagai penyusun sistem gerak pada manusia
·         Menghubungkan berbagai gerakan dan persendian yang terlibat
·         Mengidentifikasi berbagai penyakit atau gangguan yang terjadi pada sistem gerak manusia
II.  Materi Ajar
·         Komponen penyusun alat gerak manusia:
1.      Rangka
2.      Otot
·         Hubungan antar tulang :
1.      Sinartrosis
2.      Diartrosis
·         Berbagai macam persendian
·         Berbagai gerak yang dapat dilakukan manusia
·         Gangguan pada sistem gerak manusia
III. Metode Pembelajaran
·         Studi membaca - Pengamatan -Diskusi- Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk memperagakan berbagai gerak yang dapat dilakukan.
·         Siswa bersama guru mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam gerakan yaitu tulang, otot, sendi.
B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa mengamati kerangka manusia.
·         Siswa mengamati dan mengidentifikasi nama-nama tulang yang terdapat dalam kerangka manusia.
·         Guru meminta siswa mengidentifikasi berbagai persendian yang terdapat pada kerangka tubuh manusia dan gerakan yang dapat dilakukan.
·         Siswa mengamati persendian yang terdapat pada kerangka tubuh manusia, kemudian  mengidentifikasi gerakan yang dapat dilakukan
·         Siswa menyimpulkan nama sendi, lokasi, dan gerakan yang dapat dilakukan.
C.  Kegiatan Akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai nama tulang pada tubuh manusia, persendian yang dibentuk, nama persendian, dan gerakan yang dapat dilakukan.
·         Guru menugaskan siswa untuk membawa tulang paha sapi segar dan mempelajari Kegiatan 4.1.
Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)
A.     Kegiatan awal  (10 menit)
·         Guru meminta siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk pengamatan struktur tulang dengan Kegiatan 4.1.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·                     Siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk Kegiatan 4.1.
·                     Siswa mengamati struktur tulang. 
·                     Siswa mencatat hasil pengamatan. 
·         Siswa membuat laporan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mendiskusikan struktur tulang panjang.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai macam bentuk tulang.
·         Siswa mengumpulkan laporan praktikum. 
Pertemuan 12 (1 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·    Guru meminta siswa memperagakan mengangkat beban dengan tangannya dan mengamati perubahan yang terjadi pada lengan atasnya.
·    Siswa mendemonstrasikan gerakan yang diminta guru kemudian mengamatinya.
·    Siswa menyimpulkan fungsi otot dalam melaksanakan gerakan.
B.   Kegiatan inti (35 menit)
·         Guru meminta siswa mempelajari mekanisme kontraksi otot.
·         Siswa membaca buku teks untuk mengumpulkan informasi mekanisme kontraksi otot.
·         Salah satu siswa menjelaskan mekanisme kerja otot.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan pada sistem gerak manusia.
C.   Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme terjadinya gerakan pada manusia.
V.  Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono PS, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab IV
VI.             Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan struktur tulang
·         Uji kompetensi tertulis

 
 
 
 Posts
Posts
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

No comments:
Post a Comment