10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP9



EKONOMI X RPP 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1

Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.

Kompetensi Dasar     : 3.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.

Indikator                    : 1. Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran.
2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
3. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
4. Menggambar kurva permintaan dan penawaran.

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran.
b)      Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
c)      Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
d)     Siswa dapat menggambar kurva permintaan dan penawaran.

B. Materi Pokok
            Permintaan dan penawaran

C. Uraian Materi
a)      Pengertian permintaan
b)      Pengertian penawaran
c)      Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
d)     Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
e)      Kurva permintaan dan penawaran

D. Pendekatan
            Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan permintaan dan penawaran. Kemudian guru menggali pengetahuan siswa tentang permintaan dan penawaran.
b. Motivasi
            Konsep permintaan dan penawaran adalah konsep dasar yang terdapat di pasar, sehingga pemahaman mengenai permintaan dan penawaran akan mempermudah pemahaman tentang pasar.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: