Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 April 2011

Biologi SMA XII RPP 13



BIOLOGI XII RPP 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                  : 30
Alokasi Waktu            : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi   : 4.   Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar     : 4.3    Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi
Tujuan                           :              Siswa memahami tentang kecenderungan baru teori evolusi

 ====================================================================                                             

I.       Indikator
·        Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses evolusi
·        Menjelaskan teori evolusi netral

II.  Materi Ajar
·        Mutasi DNA dan dampaknya
·        Teori evolusi netral
·        Beberapa pandangan baru tentang teori evolusi

III. Metode Pembelajaran
   Diskusi -Penugasan

III. Langkah-Langkah Pembelajaran

   Pertemuan 30 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menjelaskan salah satu faktor yang berpengaruh dalam mekanisme evolusi adalah adanya mutasi.

B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam menurut teori darwin.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan teori evolusi netral.
·         Guru meminta siswa untuk mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru tentang teori evolusi dengan memilih salah satu bagian dari Tabel 7.2.

C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
·         Berbagai sumber informasi tentang evolusi (buku teks, internet, majalah dll)

VI. Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis

No comments: