10 April 2011

Biologi SMA XII RPP 4



BIOLOGI XII RPP 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 6 dan 7
Alokasi Waktu            :  4 × 45 menit
Standar Kompetensi   : 2.   Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar      :  2.1    Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
Tujuan                        : 1.   Siswa mampu menjelaskan struktur enzim dan fungsinya dalam reaksi metabolisme
                                             2.            Siswa mampu menguji prinsip kerja enzim dengan eksperimen

 =====================================================================                                              

I.       Indikator
·         Mendeskripsikan struktur enzim
·         Menguji kerja enzim dengan enzim
·         Menyimpulkan prinsip kerja enzim

II.    Materi Ajar
·         Struktur enzim
·         Prinsip kerja enzim

III. Metode Pembelajaran
      Eksperimen - Dikusi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

      Pertemuan 6 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (15 menit)
·         Guru menunjukkan beberapa aktivitas yang membutuhkan energi.
·         Guru menanyakan asal energi yang digunakan oleh tubuh.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan pengertian metabolisme.
·         Guru bersama mendiskusikan peranan enzim dalam reaksi metabolisme.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Siswa  bersama guru mendiskusikan struktur enzim.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan cara kerja enzim.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan sifat-sifat enzim sebagai biokatalisator.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.

C.     Kegiatan akhir (15 menit)
·         Guru menyimpulkan peranan, struktur, cara kerja, dan faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
·         Guru membagi kelompok untuk Kegitan praktikum 2.1 pada pertemuan, berikutnya dan menugaskan masing-masing kelompok untuk membawa hati untuk kegiatan praktikum.




      Pertemuan 7 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru membagi kelompok dan meminta siswa untuk menyiapkan eksperimen. pengaruh konsentrasi substrat terhadap aktivitas enzim dengan menggunakan Kegiatan 2.1.
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan 2.1

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Siswa melakukan eksperimen dengan Kegiatan 21.
·         Siswa mencatat hasil pengamatan.
·         Siswa menyimpulkan hasil eksperimen dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
·         Siswa menyusun laporan hasil praktikum.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hasil praktikum.
·         Siswa mengumpulkan laporan.

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·    Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI.  Penilaian
·    Laporan hasil praktikum
·    Uji kompetensi tertulis

No comments: