BIOLOGI XII RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 6 dan 7
Alokasi Waktu : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
Tujuan : 1. Siswa mampu menjelaskan struktur enzim dan fungsinya dalam reaksi metabolisme
2. Siswa mampu menguji prinsip kerja enzim dengan eksperimen
=====================================================================
I. Indikator
· Mendeskripsikan struktur enzim
· Menguji kerja enzim dengan enzim
· Menyimpulkan prinsip kerja enzim
II. Materi Ajar
· Struktur enzim
· Prinsip kerja enzim
III. Metode Pembelajaran
Eksperimen - Dikusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 6 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (15 menit)
· Guru menunjukkan beberapa aktivitas yang membutuhkan energi.
· Guru menanyakan asal energi yang digunakan oleh tubuh.
· Guru bersama siswa mendiskusikan pengertian metabolisme.
· Guru bersama mendiskusikan peranan enzim dalam reaksi metabolisme.
B. Kegiatan inti (60 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan struktur enzim.
· Siswa bersama guru mendiskusikan cara kerja enzim.
· Siswa bersama guru mendiskusikan sifat-sifat enzim sebagai biokatalisator.
· Siswa bersama guru mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
C. Kegiatan akhir (15 menit)
· Guru menyimpulkan peranan, struktur, cara kerja, dan faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
· Guru membagi kelompok untuk Kegitan praktikum 2.1 pada pertemuan, berikutnya dan menugaskan masing-masing kelompok untuk membawa hati untuk kegiatan praktikum.
Pertemuan 7 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
· Guru membagi kelompok dan meminta siswa untuk menyiapkan eksperimen. pengaruh konsentrasi substrat terhadap aktivitas enzim dengan menggunakan Kegiatan 2.1.
· Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan 2.1
B. Kegiatan inti (60 menit)
· Siswa melakukan eksperimen dengan Kegiatan 21.
· Siswa mencatat hasil pengamatan.
· Siswa menyimpulkan hasil eksperimen dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
· Siswa menyusun laporan hasil praktikum.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan hasil praktikum.
· Siswa mengumpulkan laporan.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
· Laporan hasil praktikum
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment