BIOLOGI XI RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan : 8 dan 9
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks Saling temas
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengkaitkan dengan fungsinya
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan hewan
I. Indikator
· Menggambar berbagai jenis jaringan pada hewan berdasarkan pengamatan mikroskopis
· Mendeskripsikan struktur dan fungsi berbagai jaringan pada hewan
· Menjelaskan hubungan antara jaring, organ, dan sistem organ
II. Materi Ajar
· Struktur berbagai jaringan hewan
1. Jaringan epitel
2. Jaringan ikat
3. Jaringan otot
4. Jaringan saraf
· Organ pada hewan
· Sistem organ pada hewan
III. Metode Pembelajaran
Pengamatan-Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi berbagai jaringan yang terdapat pada hewan dengan membaca buku teks.
· Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan menggunakan mikroskop berbagai jaringan pada hewan dengan meng.unakan Kegiatan 3.1.
A. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa mempersiapkan mikroskop dan preparat awetan jaringan hewan untuk pengamatan.
· Siswa mengamati preparat awetan berbagai jaringan hewan.
· Siswa menggambar hasil pengamatan dan memberi keterangan bagian-bagiannya.
· Siswa menjawab pertanyaan diskusi.
B. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan ciri struktur berbagai jaringan hewan.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menugaskan siswa untuk mempelajari struktur dan fungsi jaringan hewan dari buku.
· Guru menugaskan siswa menyusun informasi yang diperolehnya dalam bentuk tabel yang berisi nama jaringan, ciri-ciri, gambar, fungsi, dan lokasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa membaca buku Bab 3, kemudian membuat tabel deskripsi jaringan hewan.
· Guru menunjukkan gambar organ dan jenis jaringan yang menyusunnya.
· Siswa menyimpulkan pengertian organ.
· Guru meminta siswa mnyebutkan salah satu sistem organ kemudian mengidentifikasi organ penyusunnya.
· Siswa menyimpulkan pengertian sistem organ.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara jaringan, organ, dan sistem organ.
· Guru menunjukkan hubungan Salingtemas jaringan hewan pada penerapan Bedah Rekonstruksi Kulit.
V. Alat /Bahan/Sumber
· Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono, Esis
· Buku Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis. Bab III
· Mikroskop
· Preparat awetan jaringan hewan
IV. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan jaringan hewan
· Uji kompetensi tertulis
No comments:
Post a Comment