11 April 2011

Ekonomi SMA XII RPP1



EKONOMI XII RPP 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.1 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus

Indikator                    :
1.      Membedakan antara perusahaan dagang dan perusahaan jasa.
2.      Memahami akun-akun yang lazim digunakan dalam perusahaan dagang.
3.      Menjelaskan syarat-syarat pembayaran perusahaan dagang.
4.      Menjelaskan syarat-syarat penyerahan barang.
5.      Menjelaskan istilah rabat dalam perusahaan dagang.
6.      Membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
7.      Mencatat persediaan barang dagang dengan metode FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
8.      Membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
9.      Mengelompokkan transaksi ke dalam jurnal khusus.

Alokasi Waktu           : 12 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat membedakan antara perusahaan dagang dan perusahaan jasa.
b)      Siswa dapat memahami akun-akun yang lazim digunakan dalam perusahaan dagang.
c)      Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat pembayaran perusahaan dagang.
d)     Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat penyerahan barang.
e)      Siswa dapat menjelaskan istilah rabat dalam perusahaan dagang.
f)       Siswa dapat membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
g)      Siswa dapat mencatat persediaan barang dagang dengan metode FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
h)      Siswa dapat membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
i)        Siswa dapat mengelompokkan transaksi ke dalam jurnal khusus.
                                   
B. Materi Pokok
            Pencatatan transaksi perusahaan dagang dan jurnal khusus


C. Uraian Materi
a)      Pengertian dan ciri-ciri perusahaan dagang
b)      Transaksi, akun-akun, syarat pembayaran, dan syarat penyerahan barang dalam perusahaan dagang
c)      Bukti transaksi
d)     Ilustrasi pencatatan transaksi perusahaan dagang
e)      Persediaan barang dagang
f)       Pengertian, manfaat, dan pengelompokkan transaksi jurnal khusus

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang perusahaan dagang. Kemudian guru menguraikan dengan jelas tentang kompetensi dasar dan materi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
  b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang perusahaan dagang.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata serta mencatat persediaan barang dagang dengan ketiga metode tersebut.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendiskusikan pengertian, manfaat, dan pengelompokkan transaksi jurnal khusus.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol




Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

10 April 2011

Nexian She - NX-G788 Ponsel Khusus Wanita


Nexian She



Nexian NX-G788 atau Nexian She adalah ponsel  flipout QWERTY keyboard dilengkapi dengan fitur-fitur seperti kamera 2 Megapiksel, MP3 dan MP4 player, radio FM, sederet fasilitas online (Nexian Messenger, Facebook dan aplikasi chatting). Dukungan jaringan EDGE atau GPRS, browser WAP plus Opera Mini dan Bluetooth., bertabur kristal swarovski serta desain yang fashionable, Nexian NX-G788 ponsel khusus wanita yang sangat modis.

Specification http://www.nexian.co.id/components/com_products/assets/images/ajax-loader.gif  Loading...

  • Dual GSM 900/1800MHz
  • 2,2 QVGA LCD
  • MP3 Player
  • FM Radio
  • GPRS - EDGE
  • Camera 2.0 Mega Pixel
  • Chatting Applications
  • Nexian Messenger
  • Video Recorder
  • Audio Recorder
  • Stereo Speakers
  • Bluetooth
  • HandsFree
  • Free 1 GB T-Flash
  • Multi Language Indonesia English
  • Full 12 Months Warranty
Recommended Retail Price
Rp 999.000,-
*) Price may change without any notification
Sumber terkait :
http://www.nexian.co.id/index.php/product.html?c=pro

Ekonomi SMA X RPP24



EKONOMI X RPP 24

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan

Kompetensi Dasar     : 7.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter

Indikator                    : 1. Mendeskripsikan tujuan kebijakan moneter
  2. Mendeskripsikan kebijakan dan instrumen kebijakan moneter

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan tujuan kebijakan moneter
b)      Siswa dapat mendeskripsikan kebijakan moneter

B. Materi Pokok
            Kebijakan pemerintah di bidang moneter

C. Uraian Materi
a)      Tujuan kebijakan moneter
b)      Kebijakan moneter pasar terbuka
c)      Kebijakan moneter diskonto
d)     Kebijakan moneter cadangan kas
e)      Kebijakan moneter dorongan moral

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
            Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan indikator pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
            Kebijakan moneter adalah kebijakan yang dilakukan oleh bank sentral untuk memperbaiki keadaan ekonomi dengan cara mengubah jumlah uang beredar. Siswa sudah semestinya mempelajari tentang kbijakan moneter.


2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter pasar terbuka.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter diskonto.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter cadangan kas.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter dorongan moral.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

Ekonomi SMA X RPP23




EKONOMI X RPP 23

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan

Kompetensi Dasar     : 7.2 Membedakan peran bank umum dan bank sentral

Indikator                    : 1. Mendeskripsikan pengertian bank
  2. Menguraikan fungsi bank sentral
  3. Menguraikan fungsi bank umum
  4. Menguraikan fungsi bank syariah
  5. Menguraikan fungsi bank perkreditan rakyat
  6. Mengidentifikasi peran bank umum dan bank sentral
  7. Mengidentifikasi produk-produk perbankan
  8. Menyebutkan jenis dan fungsi lembaga keuangan
  9. Menguraikan 5C
10. Mendeskripsikan kebaikan dan keburukan kredit bagi nasabah

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian bank
b)      Siswa dapat menguraikan fungsi bank sentral
c)      Siswa dapat menguraikan fungsi bank umum
d)     Siswa dapat menguraikan fungsi bank syariah
e)      Siswa dapat menguraikan fungsi bank perkreditan rakyat
f)       Siswa dapat mengidentifikasi peran bank umum dan bank sentral
g)      Siswa dapat mengidentifikasi produk-produk perbankan
h)      Siswa dapat menyebutkan jenis dan fungsi lembaga keuangan
i)        Siswa dapat menguraikan 5C
j)        Siswa dapat mendeskripsikan kebaikan dan keburukan kredit bagi nasabah

B. Materi Pokok
            Bank dan lembaga keuangan bukan bank

C. Uraian Materi
a)      Pengertian bank
b)      Fungsi bank
c)      Peran bank umum dan bank sentral
d)     Produk-produk perbankan
e)      5C
f)       kebaikan dan keburukan kredit

D. Pendekatan
            Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
            Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan indikator pencapaian kompetensi dasar. Kemudian guru mempersilahkan siswa untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan kegiatan bank.
b. Motivasi
            Bank sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan memiliki fungsi yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian dan fungsi bank
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan perbedaan peran bank umum dan bank sentral.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi produk-produk perbankan.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan jenis dan fungsi lembaga keuangan.
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk menguraikan 5C.
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk mendeskripsikan kebaikan dan keburukan kredit bagi nasabah.
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...