24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 29,



GEOGRAFI VII RPP 29
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 : Menganalisis batas wilayah laut terhadap suatu negara
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menafsirkan pengertian batas landas kontinen, laut teritorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) serta menunjukkannya pada peta.
-          Menganalisis batas wilayah laut terhadap suatu negara.

B.     Materi Pembelajaran
-          Batas wilayah laut Indonesia

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, pre-tes, diskusi, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru membagikan soal pre-tes berupa uraian singkat tentang batas wilayah laut. Siswa diberi waktu selama 10 menit untuk mengerjakan soal.
2.      Kegiatan Inti: 20 menit
·         Guru membuat kocokan nama kelompok yang akan mempresentasikan makalah kelompok mengenai.masalah masuknya pulau Sipadan dan Ligitan menjadi wilayah Malaysia.
·         Kelompok yang terpilih diberi waktu 7 menit untuk mempresentasikan makalahnya.
·         Bersama-sama mendiskusikan masalah masuknya pulau Sipadan dan Ligitan menjadi wilayah Malaysia.
·         Siswa menarik kesimpulan kelompok.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas dan menarik kesimpulan bersama.
·         Penugasan individu: siswa membuat laporan hasil wawancara tentang jenis pekerjaan, alasan pemilihan tempat tinggal, serta rutinitas pekerjaan yang dilakukan oleh narasumber (Unjuk kerja hal 153). Tugas dikumpulkan dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta Dunia
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet dan media cetak

F.      Penilaian
a.                   Teknik                   : Pre-tes
Contoh instrumen:
1.      Jelaskan perbedaan cara menentukan batas landas kontinen, laut teritorial, dan ZEE! (skor 40)
2.      Sebutkan batas landas kontinen antara Indonesia dengan negara tetangga yang kamu ketahui! (skor 30)
3.      Jelaskan manfaat adanya batas wilayah laut bagi negara Republik Indonesia! (skor 30)
Skor total adalah 100.


b.      Teknik                         : Portofolio
Bentuk tagihan            : Makalah
Topik                           : Buatlah makalah mengenai masalah masuknya pulau Sipadan dan Ligitan menjadi wilayah Malaysia.

Rubrik Penilaian Makalah
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan menyusun makalah secara sistematis




Kelengkapan makalah disertai dengan gambar dan daftar pustaka




Penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam penulisan makalah




Orisinalitas makalah




Nilai rata-rata




Komentar











Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Partisipasi dalam diskusi




Kerja sama dalam kelompok




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55





Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

Geografi SMP VII RPP 28



GEOGRAFI VII RPP 28
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 : - Mengidentifikasi zona laut menurut letak dan kedalamannya
  - Mengidentifikasi jenis-jenis laut menurut letak dan proses terjadinya
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mengidentifikasi zona laut menurut letak dan kedalamannya
-          Mengidentifikasi jenis-jenis laut menurut letak dan proses terjadinya

B.     Materi Pembelajaran
-          Zona laut menurut letak dan kedalamannya
-          Jenis-jenis laut menurut letak dan proses terjadinya

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru membagikan soal pre-tes berupa isian singkat tentang zona dan jenis laut. Waktu mengerjakan soal adalah 7 menit, kemudian setelah selesai bersama-sama melakukan pembahasan soal pre-tes.
2.      Kegiatan Inti: 25 menit
·         Guru menunjuk siswa untuk menjelaskan dan menunjukkan pada peta mengenai jenis laut di dunia berdasarkan letak dan proses terjadinya.
·         Siswa membuat gambar relief dasar laut.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Penugasan kelompok: siswa membuat makalah tentang masuknya pulau Sipadan dan Ligitan menjadi wilayah Malaysia. Tugas dikumpulkan dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta Dunia
-          Gambar pembagian zona laut berdasarkan letak dan kedalamannya
-          Gambar penampang dasar laut
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet dan media cetak

F.      Penilaian
a.       Teknik                         : Pre-tes
Contoh instrumen:
1.      Kumpulan massa air asin yang sangat luas di permukaan bumi adalah .... (samudera)
2.      Laut yang terletak di antara dua benua disebut ..... (laut pedalaman)
3.      Laut Jepang, Laut Arab, dan Laut Cina Selatan merupakan contoh laut .... (tepi)
4.      Wilayah laut yang sangat kaya akan ikan dan berbagai hewan laut lainnya adalah zona .... (neritik)
5.      Tepi benua yang merupakan bagian relief dasar laut yang menurun tajam dan curam disebut .... (lereng benua/ continental slope)
Penilaian: Skor tiap soal jika jawaban benar adalah 2. Skor total adalah 10.

b.      Teknik                         : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Tes Identifikasi
Topik                           : Tunjukanlah pada peta, jenis-jenis laut di dunia.

Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pemahaman tentang pembagian wilayah laut berdasarkan letak dan kedalamannya




Ketepatan dalam menjelaskan dan menunjukkan pada peta jenis laut di dunia




Keberanian




Intonasi suara saat menjelaskan




Nilai rata-rata




Komentar

c.       Teknik                         : Portofolio
Bentuk tagihan            : Gambar Relief Dasar Laut
Topik                           : Buatlah gambar relief dasar laut.

Rubrik Penilaian Gambar
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Gambar dilengkapi dengan penjelasan tentang relief dasar laut




Kedetailan gambar




Pemakaian warna yang sesuai




Kebersihan dan kerapihan gambar




Nilai rata-rata




Komentar
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55





Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.