GEOGRAFI VII RPP 28
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator : - Mengidentifikasi zona laut menurut letak dan kedalamannya
- Mengidentifikasi jenis-jenis laut menurut letak dan proses terjadinya
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mengidentifikasi zona laut menurut letak dan kedalamannya
- Mengidentifikasi jenis-jenis laut menurut letak dan proses terjadinya
B. Materi Pembelajaran
- Zona laut menurut letak dan kedalamannya
- Jenis-jenis laut menurut letak dan proses terjadinya
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru membagikan soal pre-tes berupa isian singkat tentang zona dan jenis laut. Waktu mengerjakan soal adalah 7 menit, kemudian setelah selesai bersama-sama melakukan pembahasan soal pre-tes.
2. Kegiatan Inti: 25 menit
· Guru menunjuk siswa untuk menjelaskan dan menunjukkan pada peta mengenai jenis laut di dunia berdasarkan letak dan proses terjadinya.
· Siswa membuat gambar relief dasar laut.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Penugasan kelompok: siswa membuat makalah tentang masuknya pulau Sipadan dan Ligitan menjadi wilayah Malaysia. Tugas dikumpulkan dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta Dunia
- Gambar pembagian zona laut berdasarkan letak dan kedalamannya
- Gambar penampang dasar laut
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet dan media cetak
F. Penilaian
a. Teknik : Pre-tes
Contoh instrumen:
1. Kumpulan massa air asin yang sangat luas di permukaan bumi adalah .... (samudera)
2. Laut yang terletak di antara dua benua disebut ..... (laut pedalaman)
3. Laut Jepang, Laut Arab, dan Laut Cina Selatan merupakan contoh laut .... (tepi)
4. Wilayah laut yang sangat kaya akan ikan dan berbagai hewan laut lainnya adalah zona .... (neritik)
5. Tepi benua yang merupakan bagian relief dasar laut yang menurun tajam dan curam disebut .... (lereng benua/ continental slope)
Penilaian: Skor tiap soal jika jawaban benar adalah 2. Skor total adalah 10.
b. Teknik : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Tes Identifikasi
Topik : Tunjukanlah pada peta, jenis-jenis laut di dunia.
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pemahaman tentang pembagian wilayah laut berdasarkan letak dan kedalamannya | | | | |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menunjukkan pada peta jenis laut di dunia | | | | |
Keberanian | | | | |
Intonasi suara saat menjelaskan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
c. Teknik : Portofolio
Bentuk tagihan : Gambar Relief Dasar Laut
Topik : Buatlah gambar relief dasar laut.
Rubrik Penilaian Gambar
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Gambar dilengkapi dengan penjelasan tentang relief dasar laut | | | | |
Kedetailan gambar | | | | |
Pemakaian warna yang sesuai | | | | |
Kebersihan dan kerapihan gambar | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment