24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 31



GEOGRAFI VII RPP 31
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 6.1. Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi
Indikator                                 : Mendeskripsikan pola persebaran permukiman penduduk di berbagai bentang lahan dan menganalisis kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan pola persebaran permukiman penduduk di berbagai bentang lahan
-          Menganalisis kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.

B.     Materi Pembelajaran
-          Pola permukiman penduduk
-          Kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk

C.     Metode Pembelajaran
Diskusi jigsaw.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedelapan belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan meminta siswa menggambarkan bagaimana pola permukiman penduduk di wilayah tempat tinggalnya.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·           Guru membagi siswa dalam tiga kelompok dan materi kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk dibagi dalam tiga bagian, yaitu daerah pantai, dataran rendah, serta dataran tinggi dan pegunungan. Setiap kelompok menganalisa satu sub bab yang berbeda dan mempresentasikannya di depan kelas.
·           Setiap kelompok diberi waktu tujuh menit untuk presentasi dan tanya jawab.
·           Siswa menarik kesimpulan kelompok.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·         Menarik kesimpulan bersama.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet dan media cetak

F.      Penilaian
-          Penilaian diskusi jigsaw.

Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Partisipasi dalam diskusi




Kerja sama dalam kelompok




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: