GEOGRAFI VII RPP 12
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator : Mengidentifikasikan dampak positif dan dampak negatif adanya tenaga endogen dan eksogen terhadap muka bumi
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menganalisis dampak tenaga endogen dan eksogen terhadap perubahan muka bumi
B. Materi Pembelajaran
Dampak proses alam endogen dan eksogen
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menanyakan terhadap siswa tentang contoh dampak adanya proses alam eksogen, serta menayangkan gambar bentang alam berdasarkan ketinggian.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 5 orang.
· Setiap kelompok mendiskusikan dampak bencana alam terhadap perubahan muka bumi (Aktivitas hal 34) dan membuat laporan hasil diskusi.
· Guru membuat undian yang berisi nama kelompok siswa.
· Kelompok yang terpilih mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing. Kelompok lain dimintai tanggapannya.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi kelompok.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar bentang alam berdasarkan ketinggian
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Ø Teknik : Unjuk Kerja
Ø Bentuk tagihan : Diskusi
Ø Topik :Apa hubungan bencana alam dengan perubahan muka bumi?
Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan mencari data | | | | |
Partisipasi dalam diskusi | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment