Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 6



GEOGRAFI VII RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 :Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan menganalisis akibat yang ditimbulkannya
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi.
-          Menyebutkan akibat yang ditimbulkan dari peristiwa gempa bumi.

B.     Materi Pembelajaran
Gempa (Seisme)

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi, penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam
1.      Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru membuka pelajaran dengan permainan, yaitu bersama-sama melakukan simulasi penyelamatan diri dari bencana gempa.
2.      Kegiatan Inti: 25 menit
·           Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok.
·           Secara berkelompok, siswa mencari peristiwa/kejadian gempa yang pernah menimpa wilayah Republik Indonesia dan mendiskusikan dampak bencana gempa tersebut terhadap perubahan muka bumi dan kehidupan masyarakat sekitar.
·           Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing. Kelompok lain diminta tanggapannya.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·           Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Foto tentang kerusakan akibat gempa bumi
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet


F.      Penilaian
Ø  Teknik                         : Unjuk Kerja
Ø  Bentuk tagihan            : Diskusi Kelompok
Ø  Topik diskusi               : Dampak bencana alam gempa terhadap perubahan muka bumi

Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan mencari data




Kerja sama dalam kelompok




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: