24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 4



GEOGRAFI VII RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 :-  Mengidentifikasi proses terjadinya tipe-tipe gunung api
 -  Mengklasifikasikan tipe-tipe gunung api
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menjelaskan proses terjadinya tipe-tipe gunung api
-          Mengidentifikasi klasifikasi tipe gunung api.

B.     Materi Pembelajaran
Tipe Gunung Api

C.     Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menunjuk siswa untuk menyebutkan gunung api yang ada di Indonesia.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·           Guru menayangkan gambar tipe-tipe gunung api dan menjelaskan perbedaan tipe-tipe gunung api secara garis besar (hal 10 – 12).
·           Siswa mengidentifikasi dan mengklasifikasikan tipe-tipe gunung api (strato, perisai, dan maar) di Indonesia.
·           Mendiskusikan proses terjadinya dan perbedaan dari tipe-tipe gunung api.
·           Menarik kesimpulan diskusi.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·           Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·           Penugasan kelompok, siswa membuat replika gunung api dengan menggunakan lilin mainan (Produk hal 34).

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar tipe-tipe gunung api
-          Lilin mainan
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet
F.      Penilaian
1.   Teknik                         : Unjuk Kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Topik                          : Proses terjadinya dan perbedaan dari tipe-tipe gunung api

Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Keaktifan




Nilai rata-rata




Komentar




2.      Teknik                         : Tugas Kelompok
Bentuk tagihan            : Produk
Instrumen                    : Membuat replika gunung api

Rubrik Penilaian Produk
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengetahuan tentang bentuk dasar tipe-tipe gunung api




Detail bentuk gunung api




Perbandingan ukuran yang sesuai antara tiap tipe gunung api




Kerapihan dan kehalusan karya




Komposisi warna




Kerja sama dalam kelompok




Nilai rata-rata




Komentar







Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55





Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: