GEOGRAFI VII RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator :- Mengidentifikasi proses terjadinya tipe-tipe gunung api
- Mengklasifikasikan tipe-tipe gunung api
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menjelaskan proses terjadinya tipe-tipe gunung api
- Mengidentifikasi klasifikasi tipe gunung api.
B. Materi Pembelajaran
Tipe Gunung Api
C. Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menunjuk siswa untuk menyebutkan gunung api yang ada di Indonesia.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menayangkan gambar tipe-tipe gunung api dan menjelaskan perbedaan tipe-tipe gunung api secara garis besar (hal 10 – 12).
· Siswa mengidentifikasi dan mengklasifikasikan tipe-tipe gunung api (strato, perisai, dan maar) di Indonesia.
· Mendiskusikan proses terjadinya dan perbedaan dari tipe-tipe gunung api.
· Menarik kesimpulan diskusi.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Penugasan kelompok, siswa membuat replika gunung api dengan menggunakan lilin mainan (Produk hal 34).
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar tipe-tipe gunung api
- Lilin mainan
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
1. Teknik : Unjuk Kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Topik : Proses terjadinya dan perbedaan dari tipe-tipe gunung api
Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
Keaktifan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
2. Teknik : Tugas Kelompok
Bentuk tagihan : Produk
Instrumen : Membuat replika gunung api
Rubrik Penilaian Produk
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengetahuan tentang bentuk dasar tipe-tipe gunung api | | | | |
Detail bentuk gunung api | | | | |
Perbandingan ukuran yang sesuai antara tiap tipe gunung api | | | | |
Kerapihan dan kehalusan karya | | | | |
Komposisi warna | | | | |
Kerja sama dalam kelompok | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment