24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 5



GEOGRAFI VII RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 :- Mengidentifikasi batas-batas sirkum Mediterania dan Pasifik
- Menganalisis pengaruh sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik terhadap wilayah Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menyebutkan batas-batas sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik
-          Menjelaskan pengaruh Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik terhadap wilayah Indonesia.
-          Menyebutkan sebaran gunung api di Indonesia.

B.     Materi Pembelajaran
Sebaran Gunung Api.

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menanyakan siswa tentang perbedaan antara gunung aktif dan gunung tidak aktif.
2.      Kegiatan Inti: 35 menit
·           Guru menayangkan peta rangkaian sirkum pegunungan, kemudian membagi kelas menjadi beberapa kelompok.
·           Secara berkelompok, siswa mencari pengaruh positif dan negatif dari adanya rangkaian Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik terhadap wilayah Indonesia dari situs internet di www.encarta.com, www.yahoo.com, www.wikipedia.com, dan www.google.com.
·           Siswa membuat karangan analitis berdasarkan hasil temuan dari situs internet.
·           Guru menayangkan peta jalur gunung api di Indonesia (hal 13) dan mencermati pengaruh penyebaran gunung api terhadap kehidupan di Indonesia.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·           Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta rangkaian Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik
-          Peta jalur gunung api
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
Ø  Teknik                         : Tugas Kelompok
Ø  Bentuk tagihan            : Karangan Analitis
Ø  Tema karangan            : Pengaruh rangkaian Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik terhadap wilayah Indonesia

Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan data-data yang menggambarkan bukti tentang pengaruh rangkaian Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik terhadap wilayah Indonesia




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Orisinalitas karangan




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: