GEOGRAFI VII RPP 19
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.3. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
Indikator : Mendeskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta.
B. Materi Pembelajaran
- Kondisi geografis suatu wilayah pada peta
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menceritakan sebuah analogi tentang kondisi geografis suatu wilayah dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Mengamati dan mendeskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta.
· Guru menunjuk siswa untuk menjelaskan relief pulau Sumatra bagian barat pada peta (lihat Unjuk kerja hal 90).
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi dan kesimpulan materi yang telah dibahas.
· Penugasan secara individu, siswa mengerjakan soal evaluasi pada buku sumber hal 88 – 89.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, atlas, dan globe
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Penilaian unjuk kerja berdasarkan rubrik penilaian.
- Penilaian tes tertulis mengerjakan soal evaluasi hal 88 – 91:
· Pilihan ganda (skor 1 s/d 5)
· Isian singkat (skor 1 s/d 5)
· Portofolio, Unjuk Kerja, dan Skala Sikap berdasarkan rubrik penilaian pada buku sumber.
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengetahuan tentang relief pulau Sumatra | | | | |
Pemahaman tentang bentang alam di bagian barat pulau Sumatra | | | | |
Pemahaman tentang membaca peta | | | | |
Kejelasan intonasi suara saat menjelaskan | | | | |
Ketenangan dalam menyampaikan penjelasan | | | | |
Ketepatan uraian yang dijelaskan | | | | |
Penggunaan bahasa yang baik dan benar | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Kunci Jawaban
A.
1. a
2. c
3. d
4. b
5. c
B.
1. perdesaan
2. dataran rendah
3. permukiman
4. sungai
5. memiliki kemiringan yang terjal
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment