24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 19



GEOGRAFI VII RPP 19
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 4.3. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
Indikator                                 : Mendeskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta.

B.     Materi Pembelajaran
-          Kondisi geografis suatu wilayah pada peta

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menceritakan sebuah analogi tentang kondisi geografis suatu wilayah dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Mengamati dan mendeskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta.
·         Guru menunjuk siswa untuk menjelaskan relief pulau Sumatra bagian barat pada peta (lihat Unjuk kerja hal 90).
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Melakukan refleksi materi dan kesimpulan materi yang telah dibahas.
·         Penugasan secara individu, siswa mengerjakan soal evaluasi pada buku sumber hal 88 – 89.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta, atlas, dan globe
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
-          Penilaian unjuk kerja berdasarkan rubrik penilaian.
-          Penilaian tes tertulis mengerjakan soal evaluasi hal 88 – 91:
·         Pilihan ganda (skor 1 s/d 5)
·         Isian singkat (skor 1 s/d 5)
·         Portofolio, Unjuk Kerja, dan Skala Sikap berdasarkan rubrik penilaian pada buku sumber.

Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengetahuan tentang relief pulau Sumatra




Pemahaman tentang bentang alam di bagian barat pulau Sumatra




Pemahaman tentang membaca peta




Kejelasan intonasi suara saat menjelaskan




Ketenangan dalam menyampaikan penjelasan




Ketepatan uraian yang dijelaskan




Penggunaan bahasa yang baik dan benar




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Kunci Jawaban

A.
1.      a
2.      c
3.      d
4.      b
5.      c

B.
1.      perdesaan
2.      dataran rendah
3.      permukiman
4.      sungai
5.      memiliki kemiringan yang terjal



Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: