GEOGRAFI VII SILABUS 1
SILABUS
Nama Sekolah : SMP .........................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Alokasi Waktu : 13x45 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | |||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | |||||||
1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan | Bentuk Muka Bumi · Tenaga Endogen | · Menjelaskan dan mengamati gambar relief muka bumi akibat tenaga geologi · Membedakan jenis-jenis dan faktor penyebab terjadinya tenaga endogen | · Mendeskripsikan tenaga endogen yang menimbulkan berbagai bentuk muka bumi · Membedakan jenis-jenis tenaga endogen berdasarkan penyebabnya | · Unjuk kerja · Tanya jawab | · Analisis gambar · Uraian | · Amati dan analisislah gambar/foto tentang relief muka bumi! · Jelaskanlah tentang jenis-jenis tenaga endogen berdasarkan penyebabnya! | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 3 - 4) · Buku penunjang lain · Gambar atau foto relief muka bumi · OHP/ Slide Proyektor · Internet | |
· Gejala Diatropisme | · Menjelaskan dan mengamati gambar patahan dan lipatan · Secara individu, menulis karangan tentang Lumpur Lapindo dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar | · Mendeskripsikan dan membedakan berbagai jenis gejala diatropisme · Menganalisis pengaruh gejala diatropisme terhadap bentuk muka bumi | · Unjuk kerja · Penugasan | · Diskusi · Karangan Analitis | · Analisislah gambar dan diskusikan tentang berbagaio jenis gejala diatropisme! · Tulislah sebuah karangan tentang bencana Lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur! Analisis pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar! (hal 32) | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 5 - 9) · Buku penunjang lain · Gambar patahan dan lipatan · Gambar tiga jenis batas lempeng · OHP/ Slide Proyektor · Internet | ||
· Gejala Vulkanisme | · Mendiskusikan tentang terjadinya gejala vulkanisme dan pengaruhnya terhadap bentuk muka bumi | · Mendeskripsikan gejala vulkanisme dan pengaruhnya terhadap bentuk muka bumi | · Unjuk kerja | · Diskusi kelompok | · Analisa dan diskusikan tentang gejala vulkanisme dan pengaruhnya terhadap bentuk muka bumi! | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 9-10) · Buku penunjang lain · OHP/ Slide Proyektor · Internet | ||
| |||||||||
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | |||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | |||||||
| · Tipe Gunung Api | · Mengamati gambar dan mendiskusikan tipe-tipe gunung api · Menyebutkan klasifikasi tipe-tipe gunung api | · Mengidentifikasi proses terjadinya tipe-tipe gunung api · Mengklasifikasikan tipe-tipe gunung api | · Unjuk kerja · Tugas kelompok | · Diskusi · Produk | · Diskusikanlah mengenai proses terjadinya tipe-tipe gunung api! · Buatlah replika tipe gunung api (strato, maar, dan perisai) dengan menggunakan lilin mainan! (hal 34) | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP-ESIS (hal 11-12) · Buku penunjang lain · Gambar tipe-tipe gunung api · Lilin mainan · OHP/ Slide Proyektor · Internet | |
· Sebaran Gunung Api | · Mengamati peta jalur sirkum pegunungan Mediterania dan Pasifik dan menyebutkan batas-batas sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik · Menganalisis pengaruh keberadaan sirkum pegunungan Mediterania dan Pasifik terhadap wilayah Indonesia | · Mengidentifikasi batas-batas sirkum Mediterania dan Pasifik · Menganalisis pengaruh sirkum pegunungan di muka bumi terhadap wilayah Indonesia | · Unjuk kerja · Tugas kelompok | · Tes identifikasi · Karangan Analitis | · Amatilah peta jalur sirkum pegunungan Mediterania dan Pasifik! Sebutkan batas-batas sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik! · Carilah data-data pendukung dari situs internet tentang pengaruh adanya jalur sirkum pegunungan tersebut terhadap wilayah Indonesia! | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 12 – 14) · Buku penunjang lain · Peta jalur Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik · Peta jalur gunung api · OHP/ Slide Proyektor · Internet | ||
· Gempa Bumi | · Mendiskusikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya | · Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan menganalisis akibat yang ditimbulkannya | · Unjuk kerja | · Diskusi | · Diskusikanlah tentang dampak bencana gempa terhadap perubahan muka bumi dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar! | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 14 – 17) · Buku penunjang lain · Foto tentang kerusakan akibat gempa bumi · OHP/ Slide Proyektor · Internet |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
| · Jenis-jenis Batuan | · Menganalisis perbedaan jenis batuan berdasarkan proses pembentukan · Mengamati diagram siklus batuan dan menjelaskan kembali tentang siklus batuan | · Mengidentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukan · Mendeskripsikan siklus batuan | · Pre-tes | · Uraian berstruktur | · Jelaskan mengenai siklus batuan! | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 18 – 21) · Buku penunjang lain · Foto-foto batuan · Diagram siklus batuan · OHP/ Slide Proyektor · Internet · Daftar pertanyaan |
· Tenaga Eksogen | · Diskusi jigsaw tentang proses alam eksogen, yang meliputi pelapukan, erosi, sedimentasi, dan mass wasting | · Mendeskripsikan jenis-jenis tenaga eksogen dan menganalisis pengaruhnya terhadap perubahan bentuk muka bumi | · Unjuk kerja | · Diskusi jigsaw | · Diskusikanlah tentang proses eksogen yang dapat merubah bentuk muka bumi! | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 21 - 22) · Buku penunjang lain · Gambar muka bumi · OHP/ Slide Proyektor · Internet | |
· Pelapukan | · Melakukan pengamatan pelapukan batuan yang ada di sekitar sekolah dan menjelaskan jenis-jenis pelapukan, serta dampaknya terhadap perubahan muka bumi dalam bentuk laporan | · Mendeskripsikan jenis-jenis proses pelapukan | · Pengamatan | · Laporan | · Amatilah batuan di sekitar sekolah! Buatlah laporan hasil pengamatanmu! | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 21 - 22) · Buku penunjang lain · Gambar/foto bentukan hasil pelapukan · OHP/ Slide Proyektor · Internet | |
· Erosi | · Menonton VCD pembelajaran tentang proses erosi dan pengaruhnya terhadap perubahan muka bumi · Secara individu, siswa membuat karangan tentang film tersebut | · Mendeskripsikan proses erosi dan menganalisis dampaknya terhadap perubahan muka bumi | · Unjuk kerja | · Karangan | · Tontonlah VCD tentang proses erosi! Buatlah karangan tentang film yang kamu tonton! | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 23 – 26) · Buku penunjang lain · Gambar/foto bentukan hasil proses erosi · OHP/ Slide Proyektor · CD Pembelajaran · Internet | |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
| · Sedimentasi | · Menjelaskan proses sedimentasi dan menyebutkan contoh-contoh bentukan yang dihasilkan proses sedimentasi | · Menganalisis faktor penyebab dan dampak sedimentasi terhadap kehidupan | · Unjuk kerja | · Diskusi | · Apakah daerah permukiman yang berada di pinggir sungai dapat menyebabkan pendangkalan sungai? (Portofolio hal 33) | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 26– 28) · Buku penunjang lain · Gambar/foto bentukan hasil sedimentasi · OHP/ Slide Proyektor · Internet |
· Dampak tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan di muka bumi | · Mendiskusikan hubungan bencana alam dengan perubahan muka bumi | · Mengidentifikasi dampak positif dan dampak negatif adanya tenaga endogen dan eksogen terhadap muka bumi | · Unjuk kerja | · Diskusi | · Apa hubungan bencana alam dengan adanya perubahan muka bumi? Diskusikanlah dengan kelompokmu! (hal 34) | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 28– 30) · Buku penunjang lain · Gambar/foto bentukan hasil sedimentasi · OHP/ Slide Proyektor · Internet | |
· Upaya penanggulangan dampak negatif tenaga endogen dan eksogen | · Menganalisis dan mendiskusikan upaya penanggulangan dampak negatif tenaga endogen dan eksogen | · Mengidentifikasi upaya penanggulangan dampak negatif tenaga endogen dan eksogen | · Tanya jawab | · Lisan | · Analisis dan diskusikanlah tentang upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi dampak negatif tenaga endogen dan eksogen! | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 30) · Buku penunjang lain · Gambar/foto bentukan hasil sedimentasi · OHP/ Slide Proyektor · Internet |
Mengetahui, ………………, …………………………
Kepala Sekolah/Yayasan ………………………….. Guru Mata Pelajaran Geografi
__________________________ _____________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment