24 April 2011

Geografi SMP VII Silabus 1



GEOGRAFI VII SILABUS 1
SILABUS
Nama Sekolah                         : SMP .........................................................                                                                                        
Mata Pelajaran             : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Alokasi Waktu             : 13x45 menit
Standar Kompetensi     : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen
1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Bentuk Muka Bumi
·    Tenaga Endogen




















·   Menjelaskan dan mengamati gambar relief muka bumi akibat tenaga geologi

·   Membedakan jenis-jenis dan faktor penyebab terjadinya tenaga endogen






·   Mendeskripsikan tenaga endogen yang menimbulkan berbagai bentuk muka bumi

·   Membedakan jenis-jenis tenaga endogen berdasarkan penyebabnya























·     Unjuk kerja



·     Tanya jawab




















·     Analisis gambar



·     Uraian 

























·    Amati dan analisislah gambar/foto tentang relief muka bumi!


·    Jelaskanlah tentang jenis-jenis tenaga endogen berdasarkan penyebabnya!


















1x45 menit










·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 3 - 4)
·   Buku penunjang lain
·   Gambar atau foto relief muka bumi
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet


·    Gejala Diatropisme

·   Menjelaskan dan mengamati gambar patahan dan lipatan
·   Secara individu, menulis karangan tentang Lumpur Lapindo dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar


·   Mendeskripsikan dan membedakan berbagai jenis gejala diatropisme

·   Menganalisis pengaruh gejala diatropisme terhadap bentuk muka bumi

·     Unjuk kerja

·     Penugasan

·     Diskusi


·     Karangan Analitis

·    Analisislah gambar dan diskusikan tentang berbagaio jenis gejala diatropisme!
·    Tulislah sebuah karangan tentang bencana Lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur! Analisis pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar! (hal 32)

1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 5 - 9)
·   Buku penunjang lain
·   Gambar patahan dan lipatan
·   Gambar tiga jenis batas lempeng
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet

·    Gejala Vulkanisme


·   Mendiskusikan tentang terjadinya gejala vulkanisme dan pengaruhnya terhadap bentuk muka bumi

·   Mendeskripsikan gejala vulkanisme dan pengaruhnya terhadap bentuk muka bumi

·     Unjuk kerja


·     Diskusi kelompok

·    Analisa dan diskusikan tentang gejala vulkanisme dan pengaruhnya terhadap bentuk muka bumi!
1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 9-10)
·   Buku penunjang lain
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar

Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen


·    Tipe Gunung Api








·     Mengamati gambar dan mendiskusikan tipe-tipe gunung api

·     Menyebutkan klasifikasi tipe-tipe gunung api






·   Mengidentifikasi proses terjadinya tipe-tipe gunung api

·   Mengklasifikasikan tipe-tipe gunung api







·      Unjuk kerja


·      Tugas kelompok







·     Diskusi



·     Produk








·    Diskusikanlah mengenai proses terjadinya tipe-tipe gunung api!
·    Buatlah replika tipe gunung api (strato, maar, dan perisai) dengan menggunakan lilin mainan! (hal 34)




1x45 menit







·   Buku sumber Geografi SMP-ESIS (hal 11-12)
·   Buku penunjang lain
·   Gambar tipe-tipe gunung api
·   Lilin mainan
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet

·    Sebaran Gunung Api



·     Mengamati peta jalur sirkum pegunungan Mediterania dan Pasifik dan menyebutkan batas-batas sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik

·     Menganalisis pengaruh keberadaan sirkum pegunungan Mediterania dan Pasifik terhadap wilayah Indonesia
·   Mengidentifikasi batas-batas sirkum Mediterania dan Pasifik




·   Menganalisis pengaruh sirkum pegunungan di muka bumi terhadap wilayah Indonesia

·      Unjuk kerja





·      Tugas kelompok

·     Tes identifikasi





·     Karangan Analitis
·    Amatilah peta jalur sirkum pegunungan Mediterania dan Pasifik! Sebutkan batas-batas sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik!
·    Carilah data-data pendukung dari situs internet tentang pengaruh adanya jalur sirkum pegunungan tersebut terhadap wilayah Indonesia!

1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 12 – 14)
·   Buku penunjang lain
·   Peta jalur Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik
·   Peta jalur gunung api
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet

·    Gempa Bumi



·     Mendiskusikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya
·   Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan menganalisis akibat yang ditimbulkannya
·      Unjuk kerja
·     Diskusi
·    Diskusikanlah tentang dampak bencana gempa terhadap perubahan muka bumi dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar!
1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 14 – 17)
·   Buku penunjang lain
·   Foto tentang kerusakan akibat gempa bumi
·    OHP/ Slide Proyektor
·   Internet



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen

·    Jenis-jenis Batuan
·     Menganalisis perbedaan jenis batuan berdasarkan proses pembentukan
·     Mengamati diagram siklus batuan dan menjelaskan kembali tentang siklus batuan
·   Mengidentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukan
·   Mendeskripsikan siklus batuan
·      Pre-tes

·     Uraian berstruktur


·    Jelaskan mengenai siklus batuan!
1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 18 – 21)
·   Buku penunjang lain
·   Foto-foto batuan
·   Diagram siklus batuan
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet
·   Daftar pertanyaan

·    Tenaga Eksogen





·     Diskusi jigsaw tentang proses alam eksogen, yang meliputi pelapukan, erosi, sedimentasi, dan mass wasting



·   Mendeskripsikan jenis-jenis tenaga eksogen dan menganalisis pengaruhnya terhadap perubahan bentuk muka bumi

·      Unjuk kerja





·     Diskusi jigsaw





·    Diskusikanlah tentang proses eksogen yang dapat merubah bentuk muka bumi!


1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 21 - 22)
·   Buku penunjang lain
·   Gambar muka bumi
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet
·    Pelapukan
·     Melakukan pengamatan pelapukan batuan yang ada di sekitar sekolah dan menjelaskan jenis-jenis pelapukan, serta dampaknya terhadap perubahan muka bumi dalam bentuk laporan
·   Mendeskripsikan jenis-jenis proses pelapukan
·      Pengamatan 
·     Laporan
·    Amatilah batuan di sekitar sekolah! Buatlah laporan hasil pengamatanmu!
1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 21 - 22)
·   Buku penunjang lain
·   Gambar/foto bentukan hasil pelapukan
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet
·    Erosi
·     Menonton VCD pembelajaran tentang proses erosi dan pengaruhnya terhadap perubahan muka bumi
·     Secara individu, siswa membuat karangan tentang film tersebut
·   Mendeskripsikan proses erosi dan menganalisis dampaknya terhadap perubahan muka bumi
·      Unjuk kerja
·     Karangan  
·    Tontonlah VCD tentang proses erosi! Buatlah karangan tentang film yang kamu tonton!
1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 23 – 26)
·   Buku penunjang lain
·   Gambar/foto bentukan hasil proses erosi
·   OHP/ Slide Proyektor
·   CD Pembelajaran
·   Internet
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen

·    Sedimentasi
·     Menjelaskan proses sedimentasi dan menyebutkan contoh-contoh bentukan yang dihasilkan proses sedimentasi
·   Menganalisis faktor penyebab dan dampak sedimentasi terhadap kehidupan
·      Unjuk kerja
·     Diskusi
·    Apakah daerah permukiman yang berada di pinggir sungai dapat menyebabkan pendangkalan sungai? (Portofolio hal 33)
1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 26– 28)
·   Buku penunjang lain
·   Gambar/foto bentukan hasil sedimentasi
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet
·    Dampak tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan di muka bumi
·     Mendiskusikan hubungan bencana alam dengan perubahan muka bumi
·   Mengidentifikasi dampak positif dan dampak negatif adanya tenaga endogen dan eksogen terhadap muka bumi

·      Unjuk kerja
·     Diskusi
·    Apa hubungan bencana alam dengan adanya perubahan muka bumi? Diskusikanlah dengan kelompokmu! (hal 34)
1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 28– 30)
·   Buku penunjang lain
·   Gambar/foto bentukan hasil sedimentasi
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet
·    Upaya penanggulangan dampak negatif tenaga endogen dan eksogen
·     Menganalisis dan mendiskusikan upaya penanggulangan dampak negatif tenaga endogen dan eksogen
·   Mengidentifikasi upaya penanggulangan dampak negatif tenaga endogen dan eksogen
·      Tanya jawab
·     Lisan  
·    Analisis dan diskusikanlah tentang upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi dampak negatif tenaga endogen dan eksogen!
1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 30)
·   Buku penunjang lain
·   Gambar/foto bentukan hasil sedimentasi
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet


Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                      ………………, …………………………
Kepala Sekolah/Yayasan …………………………..                                                                                  Guru Mata Pelajaran Geografi



__________________________                                                                                                                                                                                                                                      _____________________________
NIP/NRK.                                                                                                                                                    NIP/NRK. 

No comments: