Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 22



GEOGRAFI VII RPP 22
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 : Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer dan Mengklasifikasikan lapisan-lapisan atmosfer
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer.
-          Menyebutkan lapisan-lapisan atmosfer dan manfaatnya

B.     Materi Pembelajaran
-          Sifat fisik atmosfer
-          Lapisan-lapisan atmosfer

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT, life skill, diskusi dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesembilan
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menanyakan siswa tentang pengertian atmosfer dan perbedaan antara atmosfer dengan udara.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Siswa mencermati gambar pembagian lapisan atmosfer dan menyimpulkan sifat-sifat fisik atmosfer dari berbagai referensi.
·         Secara individu, siswa membuat karangan analitis tentang pengaruh pertambahan jumlah kepemilikan kendaraan pribadi terhadap kerusakan lapisan ozon (lihat Portofolio hal 116).
·         Bersama-sama mendiskusikan masalah tersebut berdasarkan karangan masing-masing. Karangan analitis dikumpulkan kepada guru untuk diberi penilaian.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·         Menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
·         Penugasan secara berkelompok siswa melakukan pengamatan awan selama satu minggu dan membuat laporannya (lihat Unjuk kerja hal 117). Laporan pengamatan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar pembagian lapisan atmosfer
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
Ø                  Teknik             : Portofolio
Ø                  Bentuk tagihan            : Karangan Analitis
Ø                  Topik   : “Apakah pertambahan jumlah kepemilikan kendaraan pribadi berpotensi besar menyebabkan kerusakan lapisan ozon?” Tulislah komentarmu dalam bentuk karangan analitis!

Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar merupakan pembuka untuk menuju isi tulisan




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan bukti-bukti dari masalah kepemilikan kendaraan pribadi yang berpengaruh terhadap kerusakan ozon




Isi berupa kalimat yang kritis dan menunjukkan kepedulian




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap permasalahan




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Orisinalitas karangan




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: