GEOGRAFI VII RPP 22
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator : Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer dan Mengklasifikasikan lapisan-lapisan atmosfer
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer.
- Menyebutkan lapisan-lapisan atmosfer dan manfaatnya
B. Materi Pembelajaran
- Sifat fisik atmosfer
- Lapisan-lapisan atmosfer
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT, life skill, diskusi dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesembilan
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menanyakan siswa tentang pengertian atmosfer dan perbedaan antara atmosfer dengan udara.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Siswa mencermati gambar pembagian lapisan atmosfer dan menyimpulkan sifat-sifat fisik atmosfer dari berbagai referensi.
· Secara individu, siswa membuat karangan analitis tentang pengaruh pertambahan jumlah kepemilikan kendaraan pribadi terhadap kerusakan lapisan ozon (lihat Portofolio hal 116).
· Bersama-sama mendiskusikan masalah tersebut berdasarkan karangan masing-masing. Karangan analitis dikumpulkan kepada guru untuk diberi penilaian.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
· Menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
· Penugasan secara berkelompok siswa melakukan pengamatan awan selama satu minggu dan membuat laporannya (lihat Unjuk kerja hal 117). Laporan pengamatan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar pembagian lapisan atmosfer
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Ø Teknik : Portofolio
Ø Bentuk tagihan : Karangan Analitis
Ø Topik : “Apakah pertambahan jumlah kepemilikan kendaraan pribadi berpotensi besar menyebabkan kerusakan lapisan ozon?” Tulislah komentarmu dalam bentuk karangan analitis!
Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar merupakan pembuka untuk menuju isi tulisan | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan bukti-bukti dari masalah kepemilikan kendaraan pribadi yang berpengaruh terhadap kerusakan ozon | | | | |
Isi berupa kalimat yang kritis dan menunjukkan kepedulian | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap permasalahan | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Orisinalitas karangan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment