GEOGRAFI VII RPP 25
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator : Menganalisis proses terjadinya angin dan memberikan contohnya
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menganalisis proses terjadinya angin dan memberikan contohnya
- Mengklasifikasikan angin yang berpengaruh terhadap pergantian musim.
B. Materi Pembelajaran
- Proses terjadinya angin dan jenis-jenis angin
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menanyakan siswa tentang perbedaan antara udara dan angin.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menayangkan gambar tentang proses terjadinya berbagai jenis angin.
· Tanya jawab tentang proses terjadinya angin dan jenis-jenis angin.
· Siswa mengerjakan soal evaluasi pada buku sumber hal 115 – 116.
· Bersama-sama membahas soal evaluasi.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar proses terjadinya berbagai jenis angin
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Penilaian tes tertulis mengerjakan soal evaluasi hal 115 – 116:
· Pilihan ganda (skor 1 s/d 5)
· Isian singkat (skor 1 s/d 5)
· Portofolio, Unjuk Kerja, dan Skala Sikap berdasarkan rubrik penilaian pada buku sumber.
Kunci Jawaban
A.
1. b
2. b
3. b
4. a
5. b
B.
1. stratosfer
2. 16 – 18ºC
3. Meteorologi
4. Kelembaban udara relatif (nisbi)
5. Angin Gending
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment