Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 25



GEOGRAFI VII RPP 25
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 : Menganalisis proses terjadinya angin dan memberikan contohnya
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menganalisis proses terjadinya angin dan memberikan contohnya
-          Mengklasifikasikan angin yang berpengaruh terhadap pergantian musim.

B.     Materi Pembelajaran
-          Proses terjadinya angin dan jenis-jenis angin

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menanyakan siswa tentang perbedaan antara udara dan angin.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menayangkan gambar tentang proses terjadinya berbagai jenis angin.
·         Tanya jawab tentang proses terjadinya angin dan jenis-jenis angin.
·         Siswa mengerjakan soal evaluasi pada buku sumber hal 115 – 116.
·         Bersama-sama membahas soal evaluasi.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar proses terjadinya berbagai jenis angin
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet




F.      Penilaian
-          Penilaian tes tertulis mengerjakan soal evaluasi hal 115 – 116:
·         Pilihan ganda (skor 1 s/d 5)
·         Isian singkat (skor 1 s/d 5)
·         Portofolio, Unjuk Kerja, dan Skala Sikap berdasarkan rubrik penilaian pada buku sumber.


Kunci Jawaban

A.
1.      b
2.      b
3.      b
4.      a
5.      b

B.
1.      stratosfer
2.      16 – 18ºC
3.      Meteorologi
4.      Kelembaban udara relatif (nisbi)
5.      Angin Gending






Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: