GEOGRAFI VII RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator : Mendeskripsikan faktor penyebab proses erosi dan menganalisis dampaknya terhadap kehidupan
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan proses erosi dan faktor-faktor penyebabnya.
- Menganalisis dampak erosi terhadap perubahan muka bumi
B. Materi Pembelajaran
Erosi
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesepuluh
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menceritakan tentang peristiwa tanah longsor yang melanda beberapa daerah di Indonesia akibat pengikisan/ erosi.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru memutarkan film tentang proses erosi.
· Siswa membuat karangan tentang isi film yang telah ditonton. Tugas ini dikumpulkan pada akhir pelajaran.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Siswa mengumpulkan karangan tentang film yang telah ditontonnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- CD Pembelajaran dan VCD Player
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Ø Teknik : Unjuk Kerja
Ø Bentuk tagihan : Karangan
Ø Topik : Proses perombakan bumi akibat pengaruh tenaga eksogen
Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan masalah yang diceritakan dalam film | | | | |
Isi menunjukkan analisis terhadap masalah tersebut | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment