24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 10



GEOGRAFI VII RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 : Mendeskripsikan faktor penyebab proses erosi dan menganalisis dampaknya terhadap kehidupan
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan proses erosi dan faktor-faktor penyebabnya.
-          Menganalisis dampak erosi terhadap perubahan muka bumi

B.     Materi Pembelajaran
Erosi

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesepuluh
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menceritakan tentang peristiwa tanah longsor yang melanda beberapa daerah di Indonesia akibat pengikisan/ erosi.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.                              Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru memutarkan film tentang proses erosi.
·         Siswa membuat karangan tentang isi film yang telah ditonton. Tugas ini dikumpulkan pada akhir pelajaran.
3.                              Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Siswa mengumpulkan karangan tentang film yang telah ditontonnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          CD Pembelajaran dan VCD Player
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
Ø  Teknik                         : Unjuk Kerja
Ø  Bentuk tagihan            : Karangan
Ø  Topik                           : Proses perombakan bumi akibat pengaruh tenaga eksogen
Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan masalah yang diceritakan dalam film




Isi menunjukkan analisis terhadap masalah tersebut




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55




Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: