Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 15



GEOGRAFI VII RPP 15
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 4.1. Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
Indikator                                 : Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas, dan globe
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas, dan globe.

B.     Materi Pembelajaran
-          Penggunaan komponen peta, atlas, dan globe untuk mencari informasi geografis

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan tujuan melakukan kunjungan ke Dinas Tata Kota. Guru menyampaikan siswa untuk menjaga tingkah laku siswa.
2.      Kegiatan Inti
·         Melakukan kunjungan ke Dinas Tata Kota wilayah terdekat.
·         Siswa melakukan wawancara terhadap pegawai Dinas Tata Kota tentang proses pemetaan kota/ kabupaten di wilayah tersebut. (lihat Unjuk kerja hal 57)
3.      Kegiatan Penutup
·         Penugasan secara berkelompok, siswa membuat laporan wawancara dan peta wilayah kota/ kabupatennya sendiri. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Tape recorder

F.      Penilaian
Ø  Teknik                         : Unjuk kerja
Ø  Bentuk tagihan            : Laporan Wawancara
Ø                  Topik   : Wawancarailah pegawai Dinas Tata Kota di wilayahmu mengenai proses pemetaan kota/kabupaten tempat tinggalmu!

Rubrik Penilaian Laporan Wawancara
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Kemampuan menyiapkan daftar pertanyaan




Pertanyaan tepat sasaran dan tidak berputar-putar




Pengembangan pertanyaan saat wawancara




Penggunaan bahasa yang baik dan benar saat wawancara




Pencatatan hasil wawancara yang lengkap dan jelas




Menuliskan hasil wawancara secara ringkas dan padat




Nilai rata-rata




Komentar



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55





Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: