GEOGRAFI VII RPP 17
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.2. Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan obyek geografi
Indikator : Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi.
B. Materi Pembelajaran
- Sketsa wilayah dan obyek geografi
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan meminta siswa untuk menjelaskan fungsi peta sebagai sketsa wilayah.
· Siswa mengumpulkan tugas mengerjakan soal evaluasi hal 55.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menayangkan contoh peta individual (lihat hal 61 – 63).
· Mencermati dan tanya jawab mengenai fungsi peta sebagai sketsa wilayah dari bentuk asli muka bumi pada buku sumber (lihat hal 60 – 63).
· Secara individu, siswa membuat denah lokasi tempat tinggal ke sekolah (lihat Portofolio hal 77).
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Penugasan secara individu mengerjakan soal evaluasi pada buku sumber hal 74 - 75. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar peta sebagai sketsa wilayah dan contoh peta individual.
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Penilaian tugas individu membuat denah lokasi tempat tinggal ke sekolah berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
- Penilaian tes tertulis mengerjakan soal evaluasi hal 74 – 75:
· Pilihan ganda (skor 1 s/d 5)
· Isian singkat (skor 1 s/d 5)
· Portofolio, Unjuk Kerja, dan Skala Sikap berdasarkan rubrik penilaian pada buku sumber.
Rubrik Penilaian Denah
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Denah dilengkapi dengan gambar kenampakan bangunan atau alam | | | | |
Denah memiliki lokasi-lokasi tertentu yang dilalui, seperti lampu lalu lintas, RS, Balai Kota, dan sebagainya | | | | |
Kedetailan lokasi-lokasi yang dilalui tergambar dalam denah | | | | |
Pemakaian warna yang sesuai | | | | |
Kebersihan dan kerapihan denah | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Kunci Jawaban
A.
1. a
2. d
3. c
4. b
5. c
B.
1. Penginderaan Jauh
2. Equidistant
3. 1 : 250.000
4. Simbol titik piktorial
5. Simbol data kuantitatif
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment