GEOGRAFI VII RPP 20
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.3. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
Indikator : Mendeskripsikan kondisi penduduk suatu wilayah
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan kondisi penduduk suatu wilayah.
B. Materi Pembelajaran
- Kondisi penduduk suatu wilayah pada peta
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, ceramah, tanya jawab, penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menceritakan kehidupan masyarakat Badui Dalam, Banten.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Secara individu, siswa membuat karangan mengenai komentarnya terhadap pernyataan: “Apakah kondisi geografis yang memengaruhi penduduk atau penduduk yang memengaruhi kondisi geografis?” (lihat Portofolio hal 89).
· Bersama-sama mendiskusikan karangan siswa tersebut.
· Menarik kesimpulan diskusi.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, atlas, dan globe
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Penilaian karangan analitis berdasarkan rubrik penilaian.
Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar merupakan pembuka untuk menuju isi tulisan | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik dan benar | | | | |
Isi mencantumkan alasan yang logis terhadap pernyataan | | | | |
Isi disusun secara sistematis | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment