24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 20



GEOGRAFI VII RPP 20
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 4.3. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
Indikator                                 : Mendeskripsikan kondisi penduduk suatu wilayah
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan kondisi penduduk suatu wilayah.

B.     Materi Pembelajaran
-          Kondisi penduduk suatu wilayah pada peta

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, ceramah, tanya jawab, penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menceritakan kehidupan masyarakat Badui Dalam, Banten.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Secara individu, siswa membuat karangan mengenai komentarnya terhadap pernyataan: “Apakah kondisi geografis yang memengaruhi penduduk atau penduduk yang memengaruhi kondisi geografis?” (lihat Portofolio hal 89).
·         Bersama-sama mendiskusikan karangan siswa tersebut.
·         Menarik kesimpulan diskusi.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta, atlas, dan globe
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
-          Penilaian karangan analitis berdasarkan rubrik penilaian.

Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar merupakan pembuka untuk menuju isi tulisan




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik dan benar




Isi mencantumkan alasan yang logis terhadap pernyataan




Isi disusun secara sistematis




Penutup memberi kesimpulan akhir




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.


No comments: