GEOGRAFI VII RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator :Mendeskripsikan gejala vulkanisme dan pengaruhnya terhadap bentuk muka bumi
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan gejala vulkanisme yang menimbulkan berbagai bentuk muka bumi.
B. Materi Pembelajaran
Gejala Vulkanisme
C. Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menanyakan pengetahuan siswa tentang letusan gunung berapi. Guru menayangkan gambar batas lempeng dan gambar penampang gunung api dan menjelaskan gejala vulkanisme.
2. Kegiatan Inti: 25 menit
· Secara berkelompok, siswa mendiskusikan tentang pengaruh gejala vulkanisme terhadap kehidupan di muka bumi.
· Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. Kelompok lain dimintai tanggapannya.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Guru memberikan penegasan atas hasil diskusi siswa.
· Menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
· Penugasan kelompok: siswa membawa lilin mainan berbagai warna untuk membuat replika gunung api pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar penampang gunung api
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Ø Teknik : Unjuk kerja
Ø Bentuk tagihan : Diskusi
Ø Topik diskusi : Pengaruh gejala vulkanisme terhadap kehidupan di muka bumi
Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
| Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
| Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
| Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
| Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
| Kemampuan mencari data | | | | |
| Kerja sama dalam kelompok | | | | |
| Partisipasi dalam diskusi | | | | |
| Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
| Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar | ||||
Kriteria Penilaian:
| Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
| Memuaskan | 4 | > 80 |
| Baik | 3 | 68 - 79 |
| Cukup | 2 | 56 - 67 |
| Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.


No comments:
Post a Comment