GEOGRAFI VII RPP 21
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.3. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
Indikator : Menganalisis kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menganalisis kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk.
B. Materi Pembelajaran
- Kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedelapan
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menanyakan siswa tentang kaitan antara kondisi geografis dan keadaan penduduk pada suatu wilayah.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru membagi kelas menjadi empat kelompok. Setiap kelompok menganalisis masalah ketimpangan pembangunan antara wilayah Indonesia Bagian Barat dan Indonesia Bagian Timur (lihat Portofolio hal 89).
· Guru membuat kocokan nama kelompok yang harus mempresentasikan hasil analisis kelompoknya.
· Kelompok yang terpilih diberi waktu tujuh menit untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Kelompok lain diminta tanggapannya.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
· Menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, atlas, dan globe
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Ø Teknik : Unjuk kerja
Ø Bentuk tagihan : Presentasi dan Diskusi
Ø Topik : Diskusikanlah masalah ketimpangan pembangunan antara wilayah Indonesia Bagian Barat dibandingkan Indonesia Bagian Timur!
Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan mencari data | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
Partisipasi dalam diskusi | | | | |
Kerja sama dalam kelompok | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment