24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 21



GEOGRAFI VII RPP 21
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 4.3. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
Indikator                                 : Menganalisis kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menganalisis kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk.

B.     Materi Pembelajaran
-          Kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedelapan
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menanyakan siswa tentang kaitan antara kondisi geografis dan keadaan penduduk pada suatu wilayah.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru membagi kelas menjadi empat kelompok. Setiap kelompok menganalisis masalah ketimpangan pembangunan antara wilayah Indonesia Bagian Barat dan Indonesia Bagian Timur (lihat Portofolio hal 89).
·         Guru membuat kocokan nama kelompok yang harus mempresentasikan hasil analisis kelompoknya.
·         Kelompok yang terpilih diberi waktu tujuh menit untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Kelompok lain diminta tanggapannya.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·         Menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta, atlas, dan globe
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet


F.      Penilaian
Ø  Teknik                         : Unjuk kerja
Ø  Bentuk tagihan            : Presentasi dan Diskusi
Ø  Topik                           : Diskusikanlah masalah ketimpangan pembangunan antara wilayah Indonesia Bagian Barat dibandingkan Indonesia Bagian Timur!

Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan mencari data




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Partisipasi dalam diskusi




Kerja sama dalam kelompok




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: