GEOGRAFI VII RPP 24
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator : - Mengidentifikasi tipe-tipe hujan
- Menghitung dan menganalisis temperatur daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan laut
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mengidentifikasi tipe-tipe hujan
- Menghitung dan menganalisis temperatur daerah berdasarkan ketinggian tempat di atas permukaan laut
B. Materi Pembelajaran
- Tipe-tipe hujan
- Temperatur dan ketinggian tempat
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesebelas
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi: guru meminta siswa untuk menggambarkan perbedaan temperatur di daerah dataran tinggi dan dataran pantai.
· Siswa mengumpulkan kliping tentang kejadian cuaca yang merugikan manusia.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menayangkan gambar tentang proses terjadinya tipe-tipe hujan.
· Tanya jawab tentang tipe-tipe hujan dan pengaruh ketinggian tempat terhadap temperatur.
· Siswa membuat karangan analitis tentang penyesuaian manusia terhadap keadaan temperatur pada suatu daerah pada ketinggian tertentu (lihat Portofolio hal 116).
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Penugasan: siswa membuat gambar salah satu proses terjadinya hujan (orografis, konveksi, dan frontal) dan memberikan penjelasan seperlunya pada gambar. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar proses terjadinya hujan
- Gambar klasifikasi iklim menurut F. Junghuhn
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
a. Teknik : Portofolio
Bentuk tagihan : Karangan Analitis
Topik : Penyesuaian manusia terhadap keadaan temperatur pada suatu daerah pada ketinggian tertentu
Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar merupakan pembuka untuk menuju isi tulisan | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menerangkan perlunya persiapan untuk perjalanan | | | | |
Isi menunjukkan berbagai macam perlengkapan untuk menghadapi hawa dingin | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan/ saran | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Orisinalitas karangan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
b. Teknik : Portofolio
Bentuk tagihan : Gambar
Topik : Buatlah gambar salah satu proses terjadinya hujan (orografis, konveksi, dan frontal) dan berikan penjelasan seperlunya!
Rubrik Penilaian Gambar
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Gambar dilengkapi dengan penjelasan tentang proses terjadinya hujan | | | | |
Kedetailan gambar | | | | |
Pemakaian warna yang sesuai | | | | |
Kebersihan dan kerapihan gambar | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment