Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 24



GEOGRAFI VII RPP 24
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 : - Mengidentifikasi tipe-tipe hujan
  - Menghitung dan menganalisis temperatur daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan laut
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mengidentifikasi tipe-tipe hujan
-          Menghitung dan menganalisis temperatur daerah berdasarkan ketinggian tempat di atas permukaan laut

B.     Materi Pembelajaran
-          Tipe-tipe hujan
-          Temperatur dan ketinggian tempat

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesebelas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi: guru meminta siswa untuk menggambarkan perbedaan temperatur di daerah dataran tinggi dan dataran pantai.
·         Siswa mengumpulkan kliping tentang kejadian cuaca yang merugikan manusia.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menayangkan gambar tentang proses terjadinya tipe-tipe hujan.
·         Tanya jawab tentang tipe-tipe hujan dan pengaruh ketinggian tempat terhadap temperatur.
·         Siswa membuat karangan analitis tentang penyesuaian manusia terhadap keadaan temperatur pada suatu daerah pada ketinggian tertentu (lihat Portofolio hal 116).
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Penugasan: siswa membuat gambar salah satu proses terjadinya hujan (orografis, konveksi, dan frontal) dan memberikan penjelasan seperlunya pada gambar. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar proses terjadinya hujan
-          Gambar klasifikasi iklim menurut F. Junghuhn
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
a.       Teknik                         : Portofolio
Bentuk tagihan            : Karangan Analitis
Topik                           : Penyesuaian manusia terhadap keadaan temperatur pada suatu daerah pada ketinggian tertentu

Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar merupakan pembuka untuk menuju isi tulisan




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menerangkan perlunya persiapan untuk perjalanan




Isi menunjukkan berbagai macam perlengkapan untuk menghadapi hawa dingin




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan/ saran




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Orisinalitas karangan




Nilai rata-rata




Komentar



b.      Teknik                         : Portofolio
Bentuk tagihan            : Gambar
Topik                           : Buatlah gambar salah satu proses terjadinya hujan (orografis, konveksi, dan frontal) dan berikan penjelasan seperlunya!

Rubrik Penilaian Gambar
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Gambar dilengkapi dengan penjelasan tentang proses terjadinya hujan




Kedetailan gambar




Pemakaian warna yang sesuai




Kebersihan dan kerapihan gambar




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55





Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: