GEOGRAFI VII RPP 11
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator : Menganalisis faktor penyebab dan dampak sedimentasi terhadap kehidupan
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan proses sedimentasi dan faktor-faktor penyebabnya.
- Memberikan contoh hasil bentukan proses sedimentasi.
- Menganalisis dampak sedimentasi terhadap perubahan muka bumi.
B. Materi Pembelajaran
Sedimentasi
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, problem based learning.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesebelas
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menanyakan contoh hasil bentukan proses sedimentasi.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menayangkan gambar atau foto tentang bentukan hasil proses sedimentasi.
· Bersama-sama mendiskusikan apakah daerah permukiman yang berada di pinggir sungai dapat menyebabkan pendangkalan sungai.
· Bersama-sama mendiskusikan faktor-faktor yang menyebabkan pendangkalan sungai.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
· Menarik kesimpulan diskusi.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar atau foto tentang hasil bentukan muka bumi akibat proses sedimentasi
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Ø Teknik : Unjuk Kerja
Ø Bentuk tagihan : Diskusi (Problem Based Solving)
Ø Topik : Apakah daerah permukiman yang berada di pinggir sungai dapat menyebabkan pendangkalan sungai?
Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan mencari data | | | | |
Partisipasi dalam diskusi | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment