24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 11



GEOGRAFI VII RPP 11
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 : Menganalisis faktor penyebab dan dampak sedimentasi terhadap kehidupan
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan proses sedimentasi dan faktor-faktor penyebabnya.
-          Memberikan contoh hasil bentukan proses sedimentasi.
-          Menganalisis dampak sedimentasi terhadap perubahan muka bumi.

B.     Materi Pembelajaran
Sedimentasi

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, problem based learning.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesebelas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menanyakan contoh hasil bentukan proses sedimentasi.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menayangkan gambar atau foto tentang bentukan hasil proses sedimentasi.
·         Bersama-sama mendiskusikan apakah daerah permukiman yang berada di pinggir sungai dapat menyebabkan pendangkalan sungai.
·         Bersama-sama mendiskusikan faktor-faktor yang menyebabkan pendangkalan sungai.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·         Menarik kesimpulan diskusi.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar atau foto tentang hasil bentukan muka bumi akibat proses sedimentasi
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet


F.      Penilaian
Ø  Teknik                         : Unjuk Kerja
Ø  Bentuk tagihan            : Diskusi (Problem Based Solving)
Ø                  Topik   : Apakah daerah permukiman yang berada di pinggir sungai dapat menyebabkan pendangkalan sungai?

Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan mencari data




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: