24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 9



GEOGRAFI VII RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 : Mendeskripsikan jenis-jenis proses pelapukan menurut penyebabnya
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan proses pelapukan.

B.     Materi Pembelajaran
Pelapukan

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesembilan
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menanyakan jenis-jenis pelapukan.
·         Siswa mengumpulkan tugas mengerjakan soal evaluasi (hal 31 – 32).
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·           Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas    3 – 4 orang.
·           Setiap kelompok mengamati proses pelapukan yang terjadi pada batuan atau benda-benda lain di sekitar sekolah yang mengalami proses pelapukan.
·           Siswa membuat laporan hasil pengamatan kelompok masing-masing.
·           Guru menunjuk masing-masing perwakilan kelompok untuk menjelaskan hasil temuan pengamatannya.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Guru memberikan penegasan terhadap hasil pengamatan siswa.
·           Setiap kelompok membuat laporan pengamatan. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
Ø  Teknik                         : Pengamatan
Ø  Bentuk tagihan            : Laporan
Ø  Topik                           : Proses Pelapukan

Rubrik Penilaian Laporan Pengamatan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan data-data yang menggambarkan bukti yang mendukung analisis (foto, sampel objek pengamatan)




Isi menunjukkan analisis terhadap hasil pengamatan




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Ketepatan dan ketelitian dalam pengamatan




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55




Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: