GEOGRAFI VII RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator : Mendeskripsikan jenis-jenis proses pelapukan menurut penyebabnya
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan proses pelapukan.
B. Materi Pembelajaran
Pelapukan
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesembilan
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menanyakan jenis-jenis pelapukan.
· Siswa mengumpulkan tugas mengerjakan soal evaluasi (hal 31 – 32).
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 3 – 4 orang.
· Setiap kelompok mengamati proses pelapukan yang terjadi pada batuan atau benda-benda lain di sekitar sekolah yang mengalami proses pelapukan.
· Siswa membuat laporan hasil pengamatan kelompok masing-masing.
· Guru menunjuk masing-masing perwakilan kelompok untuk menjelaskan hasil temuan pengamatannya.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil pengamatan siswa.
· Setiap kelompok membuat laporan pengamatan. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Ø Teknik : Pengamatan
Ø Bentuk tagihan : Laporan
Ø Topik : Proses Pelapukan
Rubrik Penilaian Laporan Pengamatan
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan data-data yang menggambarkan bukti yang mendukung analisis (foto, sampel objek pengamatan) | | | | |
Isi menunjukkan analisis terhadap hasil pengamatan | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Ketepatan dan ketelitian dalam pengamatan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment