GEOGRAFI VII RPP 27
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator : Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya
B. Materi Pembelajaran
- Jenis-jenis air permukaan dan air tanah
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi, penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran serta menanyakan siswa tentang macam-macam bentuk tubuh air permukaan dan air tanah.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Presentasi makalah kelompok mengenai pengelolaan masalah banjir di negara Belanda (Portofolio hal 140). Kelompok lain dimintai tanggapannya.
· Mendiskusikan masalah pengelolaan banjir di negara Belanda.
· Menarik kesimpulan diskusi.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
· Penugasan kelompok membuat desain penelitian sederhana untuk mengetahui pemanfaatan air bersih di sekolah (Portofolio hal 139). Tugas ini dikumpulkan dan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar bentuk tubuh perairan darat
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet dan media cetak
F. Penilaian
a. Teknik : Portofolio
Bentuk tagihan : Makalah
Topik : Buatlah makalah mengenai pengelolaan masalah banjir di negara Belanda.
Rubrik Penilaian Makalah
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan menyusun makalah secara sistematis | | | | |
Kelengkapan makalah disertai dengan gambar dan daftar pustaka | | | | |
Penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam penulisan makalah | | | | |
Orisinalitas makalah | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
b. Teknik : Unjuk Kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Topik : Pengelolaan masalah banjir di negara Belanda
Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
Partisipasi dalam diskusi | | | | |
Kerja sama dalam kelompok | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
c. Teknik : Portofolio
Bentuk tagihan : Desain Penelitian
Topik : Upaya penghematan air bersih di sekolah.
Rubrik Penilaian Desain Penelitian
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar desain penelitian memberikan gambaran penelitian yang akan dilakukan | | | | |
Urutan kegiatan lengkap dan jelas | | | | |
Alat-alat yang dibutuhkan mudah didapatkan | | | | |
Laporan desain penelitian mempunyai gambaran hasil yang akan diperoleh | | | | |
Laporan desain disajikan dengan bahasa yang baik dan benar | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment