24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 27



GEOGRAFI VII RPP 27
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 : Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya

B.     Materi Pembelajaran
-          Jenis-jenis air permukaan dan air tanah

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi, penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran serta menanyakan siswa tentang macam-macam bentuk tubuh air permukaan dan air tanah.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Presentasi makalah kelompok mengenai pengelolaan masalah banjir di negara Belanda (Portofolio hal 140). Kelompok lain dimintai tanggapannya.
·         Mendiskusikan masalah pengelolaan banjir di negara Belanda.
·         Menarik kesimpulan diskusi.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·         Penugasan kelompok membuat desain penelitian sederhana untuk mengetahui pemanfaatan air bersih di sekolah (Portofolio hal 139). Tugas ini dikumpulkan dan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar bentuk tubuh perairan darat
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet dan media cetak

F.      Penilaian
a.       Teknik                         : Portofolio
Bentuk tagihan            : Makalah
Topik                           : Buatlah makalah mengenai pengelolaan masalah banjir di negara Belanda.

Rubrik Penilaian Makalah
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan menyusun makalah secara sistematis




Kelengkapan makalah disertai dengan gambar dan daftar pustaka




Penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam penulisan makalah




Orisinalitas makalah




Nilai rata-rata




Komentar


b.      Teknik                         : Unjuk Kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Topik                           : Pengelolaan masalah banjir di negara Belanda

Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Partisipasi dalam diskusi




Kerja sama dalam kelompok




Nilai rata-rata




Komentar








c.       Teknik                         : Portofolio
Bentuk tagihan            : Desain Penelitian
Topik                           : Upaya penghematan air bersih di sekolah.

Rubrik Penilaian Desain Penelitian
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar desain penelitian memberikan gambaran penelitian yang akan dilakukan




Urutan kegiatan lengkap dan jelas




Alat-alat yang dibutuhkan mudah didapatkan




Laporan desain penelitian mempunyai gambaran hasil yang akan diperoleh




Laporan desain disajikan dengan bahasa yang baik dan benar




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55




Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: