Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 23



GEOGRAFI VII RPP 23
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 : - Mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh cuaca dan iklim terhadap kehidupan di muka bumi
  - Menggunakan alat-alat pengukur cuaca dan iklim
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menjelaskan unsur-unsur cuaca dan iklim.
-          Menggunakan alat-alat pengukur cuaca dan iklim

B.     Materi Pembelajaran
-          Unsur-unsur cuaca dan iklim
-          Alat pengukur cuaca, iklim, dan cara kerjanya

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesepuluh
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menanyakan siswa tentang kaitan antara atmosfer dengan cuaca dan iklim, serta siswa menyebutkan unsur-unsur cuaca dan iklim.
2.      Kegiatan Inti: 25 menit
·         Guru menunjuk siswa untuk mempresentasikan laporan pengamatannya selama satu minggu tentang keadaan awan.
·         Bersama-sama mendiskusikan hasil pengamatan masing-masing.
·         Siswa mengumpulkan laporan pengamatan masing-masing untuk diberi penilaian oleh guru.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·         Menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
·         Penugasan individu, siswa membuat kliping tentang kejadian cuaca dari berbagai media, baik cetak maupun elektronik (lihat Portofolio hal 117). Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Alat pengukur cuaca dan iklim
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
1.      Teknik                         : Unjuk Kerja
Bentuk tagihan            : Laporan Pengamatan
Topik                           : Lakukan pengamatan awan selama satu minggu! Catat dan gambarkan awan yang terlihat pada siang hingga sore hari, kemudian cocokkan dengan cuaca pada hari itu!

Rubrik Penilaian Laporan Pengamatan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengetahuan tentang bentuk-bentuk awan




Pemahaman terhadap cuaca harian




Kelengkapan pengumpulan data pada setiap harinya




Kemampuan menggambarkan awan




Kemampuan untuk menghubungkan bentuk awan dan cuaca yang terjadi




Laporan disusun secara sistematis dan mudah dipahami




Nilai rata-rata




Komentar




2.      Teknik                         : Portofolio
Bentuk tagihan            : Kliping
Topik                           : Buatlah sebuah kliping dari majalah, surat kabar, atau internet mengenai artikel yang berkaitan dengan kejadian cuaca yang menjadi berita karena menimbulkan kerugian bagi manusia!

Rubrik Penilaian Kliping
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengetahuan tentang berbagai macam cuaca yang merugikan




Pemahaman tentang masalah yang dapat timbul akibat cuaca




Pencantuman sumber kliping




Pencantuman komentar pada setiap artikel




Kerapihan dan kebersihan kliping




Nilai rata-rata




Komentar



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55





Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: