There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 14



GEOGRAFI VII RPP 14
*RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 4.1. Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
Indikator                                 : -  Merumuskan perbedaan antara peta, atlas, dan globe
  -  Mengidentifikasi jenis, bentuk, dan pemanfaatan peta
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menjelaskan perbedaan antara peta, atlas, dan globe.
-          Mengidentifikasi jenis, bentuk, dan pemanfaatan peta.

B.     Materi Pembelajaran
-          Pengertian peta, atlas, dan globe
-          Jenis dan bentuk peta

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, ceramah, tanya jawab, penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan meminta siswa menceritakan pengalamannya dalam menggunakan peta, atlas, dan globe.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menjelaskan pengertian peta, atlas, dan globe (lihat hal 40 – 46).
·         Bersama-sama menyimpulkan perbedaan antara peta, atlas, dan globe.
·         Guru menayangkan contoh-contoh peta dan tanya jawab tentang jenis, bentuk, dan manfaat peta.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas dan menarik kesimpulan materi.
·         Penugasan secara berkelompok, siswa membuat atlas umum sederhana yang berisi salah satu pulau besar di Indonesia berdasarkan provinsinya (lihat Produk hal 57). Tugas dikumpulkan dua minggu setelah pertemuan.
·         Penugasan secara individu, siswa membuat karangan tentang manfaat peta terhadap pembangunan bangsa Indonesia (lihat Portofolio hal 56). Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Contoh jenis-jenis peta
-          Peta, atlas, dan globe
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
1.   Teknik                         : Portofolio
Bentuk tagihan            : Karangan Analitis
Topik                           : Tulislah sebuah karangan tentang manfaat peta terhadap pembangunan bangsa Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan!

2. Teknik                           : Unjuk Kerja
Bentuk tagihan            : Desain penelitian
Topik                           : Desainlah suatu penelitian sederhana untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan peta orang-orang terdekatmu!


Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar merupakan pembuka untuk menuju isi tulisan




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan bukti-bukti manfaat atau tidak bermanfaatnya peta terhadap pembangunan bangsa




Isi berupa kalimat yang kritis dan menunjukkan kepedulian atas manfaat peta bagi pembangunan bangsa




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap permasalahan




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Orisinalitas karangan




Nilai rata-rata




Komentar











Rubrik Penilaian Desain Penelitian
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Tujuan penelitian memiliki manfaat




Pengantar memberikan gambaran penelitian yang akan dilakukan




Urutan kegiatan lengkap dan jelas




Keragaman umur dan jenis pekerjaan orang yang akan diteliti




Laporan desain penelitian mempunyai gambaran hasil yang akan diperoleh




Laporan desain disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55




Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: