GEOGRAFI VII RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator : Mendeskripsikan jenis-jenis tenaga eksogen dan menganalisis pengaruhnya terhadap perubahan bentuk muka bumi
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menjelaskan perubahan muka bumi akibat tenaga eksogen.
B. Materi Pembelajaran
Tenaga Eksogen
C. Metode Pembelajaran
Diskusi jigsaw, tanya jawab, penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedelapan
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran, serta menanyakan definisi tenaga eksogen dan perbedaannya dengan tenaga endogen.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru membagi siswa dalam empat kelompok dan materi dibagi dalam empat bagian, yaitu pelapukan, erosi, sedimentasi, dan mass wasting. Setiap kelompok menganalisa satu sub bab yang berbeda dan mempresentasikannya di depan kelas. Setiap kelompok diberi waktu tujuh menit untuk presentasi dan tanya jawab.
· Siswa menarik kesimpulan kelompok.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
· Siswa secara individu mengerjakan soal evaluasi pada buku sumber (hal 31 – 32). Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar atau foto bentuk muka bumi
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Penilaian Tes tertulis : - Pilihan ganda hal 31 – 32 (skor 1 s/d 5)
- Uraian singkat hal 32 (skor setiap soal benar 1)
Kunci Jawaban
A.
1. a
2. c
3. d
4. c
5. d
B.
1. geothermal
2. effusif
3. hiposentrum
4. sungai
5. saluran kepundan/ diatrema
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment