Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 2



GEOGRAFI VII RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 :-   Mendeskripsikan gejala diatropisme
- Menganalisis pengaruh gejala diatropisme terhadap bentuk        muka bumi
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan gejala diatropisme yang menimbulkan berbagai bentuk muka bumi.

B.     Materi Pembelajaran
Gejala Diatropisme

C.     Metode Pembelajaran
Tanya jawab, life skills, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Siswa mengumpulkan tugas ringkasan materi Bentuk Muka Bumi.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menjelaskan pengertian gejala diatropisme dan membedakan jenis-jenis gejala diatropisme.
2.      Kegiatan Inti: 35 menit
·           Guru menunjuk siswa untuk menganalisis gambar batas lempeng tentang proses terjadinya (hal 6).
·           Guru menjelaskan tentang sesar secara garis besar (hal 7 – 8).
·           Secara individu, siswa membuat karangan tentang Lumpur Lapindo dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar (Portofolio hal 32).
·           Guru menunjuk siswa untuk membacakan karangannya di depan kelas.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·           Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar batas lempeng
-          Gambar patahan dan lipatan
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
Ø  Teknik                         : Portofolio (hal 32)
Ø  Bentuk tagihan            : Karangan Analitis
Ø  Tema karangan            : Lumpur Lapindo dan pengaruhnya terhadap masyarakat

Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan kronologis terjadinya Lumpur Lapindo




Isi menunjukkan data-data yang menggambarkan bukti tentang pengaruh bencana lumpur terhadap kehidupan masyarakat sekitar




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Orisinalitas karangan




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: