GEOGRAFI VII RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator :- Mendeskripsikan gejala diatropisme
- Menganalisis pengaruh gejala diatropisme terhadap bentuk muka bumi
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan gejala diatropisme yang menimbulkan berbagai bentuk muka bumi.
B. Materi Pembelajaran
Gejala Diatropisme
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, life skills, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Siswa mengumpulkan tugas ringkasan materi Bentuk Muka Bumi.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menjelaskan pengertian gejala diatropisme dan membedakan jenis-jenis gejala diatropisme.
2. Kegiatan Inti: 35 menit
· Guru menunjuk siswa untuk menganalisis gambar batas lempeng tentang proses terjadinya (hal 6).
· Guru menjelaskan tentang sesar secara garis besar (hal 7 – 8).
· Secara individu, siswa membuat karangan tentang Lumpur Lapindo dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar (Portofolio hal 32).
· Guru menunjuk siswa untuk membacakan karangannya di depan kelas.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar batas lempeng
- Gambar patahan dan lipatan
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Ø Teknik : Portofolio (hal 32)
Ø Bentuk tagihan : Karangan Analitis
Ø Tema karangan : Lumpur Lapindo dan pengaruhnya terhadap masyarakat
Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan kronologis terjadinya Lumpur Lapindo | | | | |
Isi menunjukkan data-data yang menggambarkan bukti tentang pengaruh bencana lumpur terhadap kehidupan masyarakat sekitar | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Orisinalitas karangan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment